Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Nota Ongkos Perbaikan Honda Supra Fit Tembus Rp 2,8 Juta

Kompas.com - 04/06/2024, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Belakangan ini ramai di media sosial kabar ongkos turun mesin sepeda motor Honda New Supra Fit tembus Rp 2.890.000.

Rincian onderdil yang diganti dan jasanya pun lengkap tertulis dalam nota. Namun, postingan tersebut justru viral usai diunggah oleh salah satu akun Instagram @romansasopirtruck.

Berbagai komentar muncul seolah menganggap harga tersebut terlalu mahal. Bahkan tak sedikit yang menuding nota tersebut rekayasa. Lantas, berapa estimasi biaya turun mesin New Supra Fit yang sebenarnya?

Baca juga: Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

Agus, Service Advisor Ahass Cawas, Klaten mengatakan estimasi turun mesin di bengkel resmi bisa kurang dari itu bahkan ada jaminan onderdilnya asli.

“Angka yang paling besar kan piston dan dinding silindernya, itu Rp 900.000, kalau penggantiannya hanya piston saja tanpa stangnya ini tergolong mahal, tapi kalau set dengan stangnya termasuk wajar,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (4/6/2024).

Agus mengatakan konsumen sebaiknya lebih mempertimbangkan lagi ketika hendak melakukan perbaikan, yakni dengan memilih bengkel terpercaya.

Baca juga: Honda Supra Jadi Motor yang Paling Banyak Direstorasi


“Bila di bengkel resmi kan jaminan onderdil orisinal, harganya paten, sedangkan di bengkel non resmi bisa saja onderdilnya bukan orisinal, tentu barang KW harga di pasaran lebih murah seharusnya,” ucap Agus.

Agus mengatakan bengkel resmi bisa menjadi patokan standar soal harga onderdil dan ongkos perbaikan. Jika ongkosnya lebih mahal, tentu lebih baik ke bengkel resmi yang sudah terjamin keaslian onderdilnya.

“Secara keseluruhan jika dibandingkan dengan ongkos di bengkel resmi ya wajar, tapi bengkel resmi lebih menguntungkan karena onderdil pasti asli, lebih terjamin,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com