Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

Kompas.com - 30/03/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan mobil mogok mendapatkan pertolongan yang tak disangka-sangka. Sebab bukan dari mobil derek, namun pertolongan tersebut datang dari motor Supra yang hanya menggunakan tali.

Momen itu diunggah oleh akun Instagram @jakut.info, Kamis (29/3/2024). Dalam video tersebut terlihat motor Honda Supra yang dikendarai oleh seorang pria mengenakan helm berwarna kuning, sedang menderek mobil Toyota Fortuner berwarna hitam yang diduga mogok.

Toyota Fortuner tersebut tampak berjalan pelan di belakang motor dengan lampu hazard yang menyala.

Baca juga: Produsen Oli Ini Ajak Ratusan Pengendara Motor Kejar Kebaikan

Terkait video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menolong itu memang merupakan hal yang baik, tapi caranya juga harus benar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA UTARA INFO (@jakut.info)

“Prinsip menderek bukan sekedar bisa bergulir tapi faktor risikonya diperhatikan. Motor yang menderek memiliki bobot yang lebih ringan dari mobil yang diderek, sehingga resiko selipnya besar,” ucap Sony, kepada Kompas.com, Jumat (29/3/2024).

Sony melanjutkan, ketika menolong sesama pengguna jalan sebaiknya juga harus diperhatikan dari sisi keamanan.

Baca juga: Puluhan Ribu Kendaraan Akan Masuk Malang Saat Musim Libur Lebaran

“Bukan hal yang remeh, tapi dengan kondisi ban yang hanya dua keseimbangan motor tidak bisa terjaga akhirnya roda motor bergulir, slip, tapi body motor ketarik kanan dan diri. Hal ini bisa membuat motor jatuh,” kata Sony.

Untuk itu, jika pengemudi mobil mengalami kejadian mogok sebaiknya segera menghubungi jasa towing atau derek mobil. Jangan nekat melakukan hal seperti video tersebut karena bisa berbahaya bagi pengendara motor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com