Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Honda Supra X Lancar Terabas Banjir

Kompas.com - 02/12/2023, 14:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tersebar di media sosial, pria yang menerabas banjir sambil naik Honda Supra X. Terlihat di video tersebut, pengendara dengan santai melewati jalanan yang terendam cukup tinggi.

Video tersebut diunggah akun Agoez Bandz ke Instagram, terlihat Honda Supra yang digunakan model 125cc dan belum injeksi. Hal yang bikin penasaran, motornya tetap bisa melaju walau ketinggian banjir sampai ban.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri mengatakan, pada Supra X 125 tersebut, sudah mengalami penyempurnaan dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Ketika Honda Supra Tak Lulus dan Yamaha RX-King Malah Lulus Uji Emisi

 

"Dia model knalpotnya yang ke atas, beda dengan sebelumnya yang lurus. Selama digas terus (konstan), air sulit masuk ke ruang mesin lewat lubang knalpot," kata Aries kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Kemudian untuk air masuk lewat box filter yang ada di depan juga kecil, karena sudah tertutup pelindung. Khusus untuk lubang udara, posisinya tinggi dan menghadap ke belakang.

"Kecual ketinggian airnya melebihi lubang udara dari box filter (air bisa masuk mesin)," kata Aries.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Beli Motor Listrik Pabrikan atau Konversi?

Kalau begitu, Supra X model tersebut memang bisa melewati genangan air yang sangat tinggi. Cuma tentu, melewati genangan yang terlalu tinggi juga berbahaya, risiko air masuk ke ruang mesin tetap tinggi.

Selain itu, genangan air yang dalam membuat jalanan jadi tidak kelihatan. Akhirnya malah celaka karena masuk ke parit atau lubang yang dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com