Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neta Buatan Bekasi Belum Lirik Pasar Ekspor

Kompas.com - 24/05/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan asal China, Neta, tak main-main terjun ke pasar Indonesia. Buktinya salah satu model yang dijual saat ini yaitu Neta V-II sudah diproduksi di Tanah Air.

Neta V-II diproduksi dengan skema completely knocked down (CKD) oleh Handal Indonesia Motor di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 44 persen.

Baca juga: Kia EV3 Meluncur, Harga mulai Rp 500 Jutaan

Produksi lokal Neta V-IIdok.Neta Produksi lokal Neta V-II

Jika dimaksimalkan, pabrik ini bisa memproduksi mobil Neta sebanyak 30.000 unit per tahun. Jumlah tersebut setidaknya tiga kali lipat dari target penjualan Neta sebesar 10.000 unit pada 2024.

Meski kapasitas produksinya besar, Jerry Huang, Managing Director PT Neta Auto Indonesia mengatakan, pihaknya masih fokus produksi mobil untuk pasar lokal dan belum untuk ekspor.

"Memang kapasitas kami bisa sampai 20.000-30.000 unit tapi sampai saat ini kami masih fokus produksi untuk pasar Indonesia," ujar Jerry di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Baca juga: Neta GT Tebar Pesona di Indonesia

Neta V-IIKompas.com Neta V-II

"Tapi tentu saja kami masih melihat kesempatan yang ada jadi kami bisa memproduksi untuk pasar di luar Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain Dian Fardiansyah, Network and Sales Director Neta, mengatakan, target 10.000 unit pada tahun ini bukan hanya ditopang dari penjualan Neta V dan Neta V-II tapi juga dari produk lain.

"Untuk target itu 10.000 unit, cuma itu seluruh (model) ya. Untuk Neta V itu kami masih belajar untuk marketnya. 10.000 unit itu target kami sampai tahun ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com