Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Wanita Mengendarai Mobil Matik Pakai Dua Kaki

Kompas.com - 24/05/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang wanita menyetir mobil matik, dengan menggunakan kedua kakinya untuk mengoperasikan pedal.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, Kamis (24/5/2024). Dalam tayangan itu terlihat kaki seorang wanita yang mengoperasikan gas dan rem menggunakan kedua kakinya.

“Orang gila mana, cewek gila mana yang nyetir mobil matik gas sama rem nya pakai dua kaki,” tulis narasi dalam unggahan tersebut.

Baca juga: Promo Beli Mobil Baru Dapat Potongan Rp 2,5 Juta

Video ini pun mengundang reaksi dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang menilai aksi yang dilakukan oleh wanita tersebut dengan menekan gas dan pedal menggunakan dua kaki tidak aman untuk dilakukan.

“Bahaya lho, sangat gak disarankan nyetir transmisi matic pake 2 kaki,” tulis akun @eres19.id.

“Inget bahaya dah , iya kalo kena sndiri itu urusan anda, kalo nabrak orang lain kan repot,” komentar akun @ramayuditya.

“Gaada toleransi untuk masalah safety... itu sama sekali tidak safety,” tulis akun @ammar.abdhaq.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, saat mengemudikan mobil, posisi kaki yang benar adalah kaki kanan saja yang bekerja untuk mengontrol rem dan gas.

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas,” ucap Marcell.

Marcell melanjutkan, jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem.

Baca juga: Kia EV3 Meluncur, Harga mulai Rp 500 Jutaan

“Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, sehingga menyebabkan mobil berhenti mendadak dan mengalami tabrak belakang,” kata Marcell.

Selain faktor keamanan dan keselamatan, menggunakan dua kaki saat mengendarai mobil matik juga bisa merusak komponen pada transmisi.

Bisa saja pengemudi tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan. Kondisi tersebut bisa merusak transmisi matik, karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com