Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia EV3 Meluncur, Harga mulai Rp 500 Jutaan

Kompas.com - 23/05/2024, 17:00 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia EV3 resmi meluncur di global pada Kamis (23/5/2024). Sport utility vehicle (SUV) ringkas listrik ini kabarnya akan segera dijual pertama kali untuk pasar Korea Selatan pada Juli 2024.

Ho Sung Song, President and CEO Kia Corp mengatakan, EV3 merupakan langkah keberlanjutan dalam perjalanan Kia untuk memulai transformasi menuju penyedia solusi mobilitas, sekaligus menggarisbawahi tekad Kia untuk menciptakan mobil listrik terdepan.

“EV3 diharapkan dapat memperluas kepemilikan electric vehicle (EV) ke lebih banyak pelanggan global, sekaligus mengurangi hambatan masyarakat yang ingin beralih ke mobilitas listrik,” ucap Song.

Baca juga: Cerita Pengendara Fortuner Kecelakaan karena Aquaplaning

Secara tampilan, EV3 memiliki desain yang futuristis yak berbeda jauh dengan versi konsep yang dipamerkan enam bulan lalu.

Desain lampu depan dibuat mengotak dengan dihiasi Daytime Running Light (DRL) yang serupa dengan EV9. Sektor pencahayaan di bagian belakang juga sama agresifnya dengan EV9, hanya saja fascia belakang dibuat lebih landai.

Kia EV3Kompas.com/Nanda Kia EV3

Sementara bagian interior tampak minimalis dengan minimnya tombol dan layar ganda. Bagian setir dan jok dibuat futuristis layaknya mobil masa depan.

EV3 didukung oleh platform E-GMP yang familiar dari Hyundai Motor Group. Varian paling tinggi dari mobil ini akan dibekali baterai berkapasitas 81,4 kWh, yang mampu menempuh jarak hingga 560 Km.

Song melanjutkan, mobil listrik terbaru Kia ini akan dijual dengan kisaran harga 35.000 USD atau sekitar Rp 562 juta, hingga 50.000 USD atau Rp 800 juta.

Baca juga: Enam Chapter Penggemar Pajero Sport Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus

“Target harga untuk EV3 adalah antara 35.000 USD hingga 50.000 USD. Kami masih mengusahakan agar dapat mencapai kisaran harga ini wilayah di seluruh dunia. Ini adalah harga yang sebenarnya. Setiap wilayah bisa berbeda, tetapi kami menargetkan kisaran harga ini,” kata Song.

Kia EV3 ditargetkan dijual pertama kali untuk pasar Korea pada Juli 2024, disusul pasar Eropa pada kuartal 4 2024, dan pasar Asia pada awal tahun 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com