Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bakal Panggil Hino Terkait Kecelakaan Bus di Subang

Kompas.com - 14/05/2024, 09:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat, mengakibatkan 11 orang menjadi korban jiwa. Polisi sekarang masih melakukan penyelidikan terkait kasus ini dan meminta keterangan dari saksi ahli.

Kasubditlaka Ditgakum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait, mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bakal memanggil APM Hino untuk menjelaskan terkait unit bus yang terlibat kecelakaan.

“Jadi perlu juga APM itu kami ambil keterangan dia, tentang kondisi kendaraan itu. Karena ada merek di situ, jadi kami perlu tahu, tahun pembuatan segini seperti apa saja fiturnya,” ujar Hotman, kepada Kompas.com (13/5/2024).

Baca juga: Harga Kompetitif, Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur Akhir Mei 2024

Kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan SMK Lingga Kencana DepokDok. Kemenhub Kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan SMK Lingga Kencana Depok

“Kalau ada yang terlihat janggal atau berbeda, perlu kami telusuri siapa yang mengubah itu. Makanya saya bilang tersangka itu bisa lebih dari satu,” kata dia.

Hotman sebelumnya menjelaskan, kecelakaan ini diduga terjadi karena sistem rem yang tidak berfungsi.

“Bekas pengereman tidak ada. Tapi karena itu buang ke kanan, tentu ada tekanan lebih besar. Istilahnya seperti skid mark, drifting-nya ban sebelah kanan saja,” ucap Hotman.

“(Jejak ban) bukan hasil pengereman. Karena dia buang ke kanan, sehingga rebah dia, bukan terbalik. Jadi yang jelas tidak ada bekas rem,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com