Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Kap Mesin Mobil Terbuka Saat Sedang Berjalan

Kompas.com - 12/05/2024, 11:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video pengendara wanita mempertanyakan apa yang terjadi pada mobil di dekatnya karena tampak kap mesin membuka hingga menutupi kaca depan.

Video tersebut viral usai diunggah oleh akun Instagram @info.kebonjeruk setelah mendapatkan ragam komentar dari netizen.

Sebagian mereka menyayangkan aksi perekam video karena menertawakan kejadian tersebut padahal situasinya sebenarnya darurat karena pengemudi tidak dapat melihat kondisi jalan.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Lubang pada Kap Mesin Fortuner VNT

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Kebon Jeruk || Jakarta Barat (@info.kebonjeruk)

 

Sebagian netizen juga mengapresiasi kemampuan pengemudi karena tidak panik menghadapi kejadian tersebut dan mampu mengarahkan kendaraan secara perlahan untuk menepi.

Sebagian yang lainnya juga mempertanyakan penyebab kap mesin sampai terbuka dan menutup kaca depan mobil. Simak penjelasan dari ahli berikut!

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan, kap mesin yang tidak tertutup dengan sempurna akan berpotensi terbuka ketika mobil melaju pada kecepatan tertentu.

Baca juga: Video Viral, Suzuki Ertiga Menanjak dengan Dua Orang di Kap Mesin

Video viral mobil melaju dengan kap mesin terbukaTangkapan layar Video viral mobil melaju dengan kap mesin terbuka

“Saat kecepatan tinggi, kendaraan akan menerima gaya dorong angin dari depan, sedangkan kap mesin harus ditutup dengan rapat agar aerodinamis kendaraan optimal,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ibrohim mengatakan, pada saat kap mesin tidak menutup dengan sempurna akan terdapat celah di sisi depan mobil antara kap mesin dengan bumper.

“Celah itu akan membuat angin masuk dan mengangkat kap mesin yang tertutup tidak rapat, itu bisa menyebabkan kaca pecah dan merusak bodi mobil,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Klarifikasi Dishub Jakarta soal Video Petugas Naik Kap Mesin Mobil


Lebih parahnya lagi, menurut Ibrohim ketika kap mesin terbuka maka pandangan pengemudi akan terhalang sehingga berpotensi terjadi kecelakaan.

“Dengan terhalangnya pandangan pengemudi, maka itu berpotensi terjadi kecelakaan, apalagi laju mobil masih cukup tinggi,” ucap Ibrohim.

Ibrohim mengatakan kondisi tersebut sering membuat pengemudi panik karena pandangan tiba-tiba gelap karena terhalang kap mesin.

Jadi, kondisi mobil dalam video tersebut sebenarnya memang darurat karena pandangan pengemudi terhalang. Maka dari itu penting sekali memastikan kap mesin tertutup dengan sempurna sebelum mobil digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com