Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klarifikasi Dishub Jakarta soal Video Petugas Naik Kap Mesin Mobil

Kompas.com - 04/01/2024, 08:26 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang naik ke atas kap mesin mobil yang bergerak viral di media sosial. Bahkan, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo mengunggah videonya di laman Instagram.

Pada video tersebut yang diambil dari pengemudi Avanza berwarna merah memperlihatkan para petugas Dishub yang mengelilingi mobilnya. Para petugas mengetok jendela sampai mau membuka pintu, meminta pengemudi turun.

Sambil merekam, pengemudi Avanza tadi melarikan diri saat diminta menepi. Satu petugas Dishub yang ada di depannya turut naik di kap mesin mobil, meminta pengemudinya buat berhenti.

Baca juga: Pengendara Mobil Cekcok dengan Sopir Taksi Berujung Vandalisme

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bambang Soesatyo - Bamsoet (@bambang.soesatyo)

 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memberikan klarifikasi dari kejadian tersebut. Pada Rabu (3/1/2024), anggota Dishub sedang melakukan monitoring dan pengawasan parkir liar di wilayah Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pukul 13.30 WIB.

"Jajaran kami sedang melakukan penertiban parkir liar. Lalu yang bersangkutan (pengemudi Avanza merah) bolak-balik di tempat kejadian sambil mengacungkan jari tengah ke petugas," kata Syafrin kepada Kompas.com, Kamis (4/1/2024).

Syafrin bilang, pengemudi Avanza dengan pelat A 1679 YG empat kali bolak-balik di lokasi sambil mengacungkan jari tengah ke petugas. Sekitar pukul 15.30 WIB, petugas bermaksud memberhentikan kendaraan, meminta maksud dan tujuan mengacungkan jari tengah.

Baca juga: Tren Positif, Gaikindo Yakin Penjualan Mobil 2024 Tetap 1 Juta Unit

"Tetapi pengendara tidak kooperatif dan memilih tancap gas dan hampir menabrak petugas. Salah satu petugas berusaha menghindari terjangan mobil malah terbawa di kap mesinnya sampai ke daerah Menteng," ucap Syafrin.

Selama perjalana, Avanza tadi diduga menabrak pengendara motor namun tidak berhenti. Ada dua orang masyarakat yang mengejar mobil pelaku dan berhenti di Jalan Menteng, anggota tiba dan pengemudi diamankan ke Polsek Setiabudi.

"Selanjutnya permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan pengemudi sudah meminta maaf ke petugas Dishub," kata Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com