Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Akibatnya bila Kap Mesin Mobil Tidak Tertutup Rapat

Kompas.com - 28/07/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video yang menunjukkan kaca depan mobil pecah lantaran kap mesin terbuka saat sedang dalam perjalanan.

Hal ini terjadi lantaran pengait kunci belum terpasang sempurna. Hasilnya, kap mesin terbuka ketika mobil sedang melaju.

Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama Dap Care. Terlihat mobil Daihatsu Xenia dalam kondisi kaca depan yang sudah pecah.

“Ini pelajaran ya buat kalian semua. Jadi mobil ini kemarin kuncian di kap mesinnya orangnya lupa nge-lock dan akhirnya ketika lagi jalan kap mesin itu balik ke belakang sampai akhirnya merusak semua bagian kaca, dan kap mesin juga penyok,” ucap pria dalam video tersebut.

Baca juga: Tampil di MotoGP Jepang, Yamaha Pamer Livery Motor Balap Cal Crutchlow

Terkait kejadian ini, Danang Pinandhitio, Service manager Auto2000 GR & Body Paint Padang Bypass, mengatakan, kap mesin yang tidak tertutup rapat memang bisa menyebabkan kaca pecah.

“Ada kemungkinan terbuka saat kecepatan tinggi, atau saat terkena guncangan dan bisa menyebabkan kaca pecah. Tapi sebenarnya yang ditakutkan bukan hanya kaca pecahnya, tetapi menghalangi pandangan pengendara saat mengemudikan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan serius,” ucap Danang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

@dirgantarabastian90 Hati hati di jalan…#fyp #fyp? #fyp??viral #catmobil #catbodyrepair #bengkelviral #bengkelmobil #avanza #avanzamodifikasi #xyzbca #bengkelmodifikasi #upgrademobil #xenia ? suara asli - DAP CARE

Danang melanjutkan, untuk mobil keluaran terbaru sebetulnya sudah dilengkapi dengan fitur peringatan seperti lampu indikator yang akan muncul pada MID jika ada pintu atau kap mesin yang tidak kencang.

“Namun, untuk mobil yang ada di video itu memang belum memiliki fitur tersebut,” kata Danang.

Jika sudah terjadi hal demikian, biaya perbaikan kap mesin mobil pun tidak sedikit, yakni berkisar Rp 1 juta sampai Rp 2,5 juta tergantung dengan kondisi kerusakan kap mesin dan jenis kendaraannya. Sedangkan untuk kaca depan mobil berkisar Rp 2,5 juta.

Baca juga: Test Ride Singkat Keeway Benda V252C, Halus dan Nyaman

“Tetapi perlu diingat lagi, bahwa yang dikhawatirkan adalah kecelakaan yang bisa terjadi saat kondisi kap mesin belum tertutup rapat saat berkendara. Lebih baik screening di awal sebelum menjalankan kendaraan untuk walk around check untuk memastikan kendaraan laik jalan baik kondisi kap mesin, ban, dan lain-lain, untuk memastikan keamanan sebelum berkendara,” ucap Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com