Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Penumpang Sembarangan Buka Pintu Mobil, Bikin Motor Kecelakaan

Kompas.com - 15/06/2024, 15:02 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Perlu dipahami bahwa membuka pintu mobil juga perlu etika dan tata cara yang benar supaya tidak mencelakai pengguna jalan lain.

Seperti unggahan video Instagram @net2netnews2022, Sabtu (15/6/2024), yang memperlihatkan pengendara motor jatuh karena menabrak pintu mobil yang terbuka tiba-tiba.

Dalam video terlihat, penumpang mobil tidak melihat kondisi sekitar dan sembarangan membuka pintu, sehingga kecelakaan terjadi.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Bikin Aki Motor Keyless Cepat Tekor

 

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, etika menurunkan penumpang yang baik adalah berhenti di tempat yang aman.

“Meminggirkan kendaraan di tempat aman, lalu pastikan penumpang keluar dari arah pintu kiri sisi jalan, buka jalur kendaraan lain lalu lalang,” kata Roslianna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dia juga mengatakan, jika penumpang harus keluar dari sisi kiri sopir maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Perhatikan Ini jika Ingin Ganti Pelek Mobil

“Penumpang wajib menoleh kebelakang terlebih dahulu, memastikan kondisi aman, baru bisa buka pintu sedikit saja (perlahan-lahan, sambil tetap waspada ke arah belakang), tujuannya untuk membangun awareness pengendara atau pengguna jalan lain,” kata Roslianna.

Jika kondisi dinilai sudah aman, penumpang baru boleh membuka pintu tetapi tidak perlu lebar-lebar, cukup untuk mengeluarkan tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com