Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Indonesia Sudah Tidak Lagi Lihat Merek Saat Beli Mobil

Kompas.com - 10/05/2024, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Marketing Director Great Wall Motors (GWM) Indonesia, Hari Arifianto menyampaikan bahwa saat ini loyalitas atas merek mobil tertentu tak menjadi penentu dalam melakukan pembelian kendaraan.

Buktinya dalam satu bulan dipasarkan, GWM Tank 500 HEV dapat terpesan hingga 50 unit. Padahal SUV Ledder Frame itu dijual dengan harga Rp 1,196 miliar on the road (OTR) Jakarta.??

Baca juga: Jangan Sering Menahan Pedal Gas Mobil Matik Saat di Tanjakan

Media Test Drive GWM Haval H6 HEVdok.GWMIndonesia Media Test Drive GWM Haval H6 HEV

"Sekarang loyalitas kepada brand mulai pudar. Loyalitasnya lebih pada preference, mana yang paling cocok untuk personal mereka. Sudah tidak matter lagi terhadap satu brand A, B, maupun C," ucap Hari di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

"Selama produknya bagus, kualitasnya cocok, keunggulan dan harga mobilnya juga masuk, kenapa tidak?" lanjut dia.

Menurut Hari, kondisi itu sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dari masyarakat Indonesia yang sudah lebih kompleks. Kencangnya arus informasi atas segala sesuatu juga menjadi faktor utama.

Baca juga: GWM Indonesia Cari Mitra Lokal untuk Pasok Baterai Ora 03

GWM Tank 500 di GIIAS 2023KOMPAS.com/ Daafa Alhaqqy Muhammad GWM Tank 500 di GIIAS 2023

Oleh karena itu, tak heran banyak merek otomotif China di Tanah Air yang berhasil mendapatkan pecintanya sendiri dalam kurun waktu relatif singkat.

"Anak muda sekarang, siapa yang bisa menebak bahwa kini banyak yang tidak suka beli rumah melainkan apartemen karena tidak mau ribet. Banyaknya brand China di Indonesia sekarang mengubah juga selera dan pandangan orang terhadap mobil," ucap Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com