Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Infra Berikan Diskon Tarif Tol Saat Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 01/04/2024, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) yang bergerak di bidang operator infrastruktur, Astra Infra, memberikan diskon tarif tol 10 persen selama periode mudik Lebaran 2024.

Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar menyebut hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan para pemudik, serta mendukung pemerintah menyukseskan mudik Lebaran 2024.

"Sebagaimana yang telah rutin kita lakukan setiap tahun, tiga ruas tol kelolaan kami yaitu Jakarta-Merak, Cikopo-Palimanan, serta Jombang-Mojokerto akan diberikan diskon 10 persen selama arus mudik dan balik Lebaran 2024," kata dia di Menara Astra, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Pekan Terakhir Maret 2024 Terjadi 1.973 Kecelakaan Lalu Lintas

Astra Tol Cipali bersama Polres Majalengka memberlakukan sistem kontraflow di kilometer 147-169 di rual Tol Cipali, pada Kamis (8/2/2024).MUHAMAD SYAHRI ROMDHON/ Tangkap Layar CCTV Astra Tol Cipali pada KM 164 Astra Tol Cipali bersama Polres Majalengka memberlakukan sistem kontraflow di kilometer 147-169 di rual Tol Cipali, pada Kamis (8/2/2024).

Namun kurun waktu pemberian diskon tersebut cukup terbatas, yakni hanya dua hari saat arus mudik dan dua hari ketika arus balik saja. Jadi diharapkan mobilitas masyarakat bisa terurai.

Dalam keterangan sebelumnya, diskon tarif tol untuk Jakarta-Merak akan berlaku pada pada 1 April 2024, pukul 00.00 WIB hingga 2 April 2024, pukul 24.00 WIB.

Kemudian pada arus balik, dimulai pada 17 April 2024, pukul 00.00 WIB hingga 18 April 2024, pukul 24.00 WIB.

Dalam kesempatan sama, Billy juga memastikan, aktivitas konstruksi dan pemeliharaan di seluruh jalan tol kelolaan Astra Infra akan selesai H-10 sebelum Lebaran 2024, atau pekan ini.

"Kami telah memastikan kesiapan kondisi infrastruktur jalan dan memastikan tak ada perbaikan jalan selama arus mudik Lebaran tahun ini," kata dia.

"Upaya tersebut harapannya bisa membantu memperlancar perjalanan dan meningkatkan keselamatan," tambah Billy.

Baca juga: Mudik Lebaran ke Bandung, Simak Hitungan Tarif Tol Jakarta-Pasteur

Sejumlah kendaraan melintasi kilometer 196 Tol Palimanan - Kanci (Palikanci) Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, Sabtu (9/3/2024) siang. Arus lalu lintas ini meningkat dari hari biasanya.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON/ Kompas.com Sejumlah kendaraan melintasi kilometer 196 Tol Palimanan - Kanci (Palikanci) Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, Sabtu (9/3/2024) siang. Arus lalu lintas ini meningkat dari hari biasanya.

Selain itu, untuk menjamin kondisi jalan saat arus mudik, perusahaan telah melakukan operasi penutupan lubang, dan penyiagaan personel pemeliharaan dan perbaikan jalan maupun sarana prasarana jalan.

Tujuannya, menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Ini terdiri dari tim perkerasan jalan, tim drainase, tim kebersihan jalur dan tim landscape, termasuk ketersediaan material konstruksi dan alat kerja untuk pemeliharaan rutin maupun darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com