Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gelar Kasur di Mobil Saat Perjalanan Mudik, Berbahaya

Kompas.com - 01/04/2024, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Momen Idul Fitri atau Lebaran identik dengan tradisi mudik. Setiap tahun tak sedikit masyarakat yang melakukan mudik dengan berbagai persiapan termasuk mengubah susunan interior mobil.

Salah satu cara yang cukup populer ialah memodifikasi kabin dengan memberikan kasur. Tujuannya agar ruangan jadi lebih besar. Aksi pasang kasur ini biasanya dilakukan untuk keluarga yang punya anak kecil.

Seperti dalam video yang viral di media sosial X dengan akun @kleponmaniz, yang memperlihatkan keluarga yang berpergian menggunakan mobil dengan kabin beralaskan kasur.

 

Dalam video tersebut terlihat sang ibu duduk di kurs depan namun posisinya dilapisi alas kasur hingga bagian belakang. Di bagian belakang ada dua anak yang tiduran bermain ponsel dan gim.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, menggelar kasur di dalam mobil saat mobil sedang bergerak merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

"Saat mobil berjalan mobil itu akan bergerak. Hal yang harus diantisipasi itu ada beberapa faktor misalnya, tabrakan, bisa depan, belakang, samping, bisa selip, mobil terbalik, macam-macam, itu harus diperhatikan pengemudi yang menggunakan kasur," kata Sony kepada Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Pastikan Kelancaran Lebaran 2024, Astra Siagakan 299 Bengkel dan 805 Teknisi

"Saat kita menggelar kasur itu akan dipakai oleh orang yang kita sayangi baik anak dan istri, orang terdekat. Apa iya kita mau berisiko mengorbankan orang-orang yang kita sayangi tidur di situ padahal kita tidak pernah tahu kapan bahaya mengintai," ujarnya.

Pemudik ubah kabin mobil jadi kasur berjalan. Prilaku ini tidak disarankan kapanpun dilakukan, baik saat mudik ataupun tidak(FEBRI ARDANI/KOMPAS.com) Pemudik ubah kabin mobil jadi kasur berjalan. Prilaku ini tidak disarankan kapanpun dilakukan, baik saat mudik ataupun tidak
Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu mengatakan pada saat tidur di atas kasur berbahaya sebab seseorang yang berada di atas kasur tidak punya pegangan atau kesempatan menyelamatkan diri.

"Tubuh akan mudah terpental mengikuti gerakan mobil. Maka dari itu, posisi penumpang mobil yang melaju baiknya adalah duduk di kursi," ujar Jusri.

Saat duduk, kata Jusri gunakan sabuk pengaman agar tubuh memiliki penampang untuk menahan diri saat mobil melakukan manuver. Dengan begitu, penumpang akan lebih aman meski perjalanan jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com