Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Lebih Banyak Bercanda di Gresini Racing

Kompas.com - 01/04/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez merasa tekanan yang dia hadapi di Gresini Racing tidak kalah besar dengan di Honda, karena tim satelit Ducati ini memiliki ambisi yang sama dengan tim-tim yang jauh lebih besar.

Seperti diketahui, setelah 11 tahun bersama tim Repsol Honda dan merebut enam gelar juara dunia, Marquez memutuskan pindah ke Gresini pada 2024 setelah mengalami puasa kemenangan sejak 2021.

Baca juga: Mudik Lebaran ke Bandung, Simak Hitungan Tarif Tol Jakarta-Pasteur

"Tekanannya sama, karena para pebalap senang jika naik podium, tim senang jika naik podium, dan itu adalah target tim ini," ujar Marquez dilansir dari Motorsport, Senin (1/4/2024).

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

"Berada di podium lebih baik daripada berada di posisi lima besar dan memenangkan balapan lebih baik daripada berada di podium," kata Marquez.

Marquez pindah ke Gresini untuk mendapatkan motor Ducati yang lebih kompetitif. Di satu sisi Gresini, yang merupakan tim asal Italia dan dikelola oleh keluarga ini sangat berbeda dengan Honda yang lebih korporat.

Marquez mengatakan lingkungannya saat ini lebih nyaman baginya setelah satu dekade bekerja dengan pabrikan besar.

Baca juga: Pastikan Kelancaran Lebaran 2024, Astra Siagakan 299 Bengkel dan 805 Teknisi

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024
"Jadi, memiliki atmosfer yang baik, bercanda, bukan berarti Anda tidak memiliki tekanan atau tidak memiliki ambisi. Ambisi kami sama dengan tim pabrikan karena kami di sini untuk memperjuangkan hasil terbaik," ujarnya.

"Namun memang benar bahwa jumlah orang dalam tim ini lebih sedikit dan lebih akrab," katanya.

Perubahan itu berdampak cukup banyak pada diri Marquez, pebalap asal Spanyol itu kini dapat menikmati lebih banyak waktu di luar lintasan bersama keluarga dan pacaranya.

Baca juga: Penyebab Oli Transmisi Matik Berubah Warna Jadi Putih

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

"Saya selalu mengatakan atmosfer yang baik di dalam tim akan sangat membantu. Tapi di tim Repsol Honda, atmosfernya benar-benar (profesional)," katanya.

"Tapi, tentu saja, kulturnya berbeda antara Jepang dan Italia serta Spanyol dan Amerika Serikat. Setiap atmosfer akan bagus kalau hasilnya bagus," ujarnya.

Di awal musim 2024 penampiloan Marquez cukup baik. Dia meraih podium pertamanya di posisi kedua menggunakan motor Ducati Desmosedici GP23 di sprint race MotoGP Portugal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com