Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Perjalanan Jakarta ke Palembang Naik Toyota Avanza

Kompas.com - 01/04/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2024 sudah di depan mata, momen yang tepat bagi sejumlah masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga besar di kampung halaman.

Ada sejumlah kota tujuan yang menjadi destinasi mudik, salah satunya adalah Palembang. Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata hingga warisan sejarah yang kaya untuk dikunjungi.

Bagi masyarakat asal Jakarta yang hendak melakukan perjalanan mudik ke Palembang, Sumatera Selatan, sebaiknya mulai melakukan persiapan dan penghitungan estimasi biaya yang dibutuhkan.

Baca juga: Komunitas Ini Ajak Anak Yatim Ngabuburit Naik Harley di Bulan Ramadhan

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Palembang, akan melalui perjalanan darat melalui tol dalam kota menuju Tangerang, lalu lanjut ke Merak. Sesampainya di Pelabuhan Merak, pelancong harus menyeberang dengan kapal laut menuju Bakauheni.

Setelah sampai Pelabuhan Bakauheni, perjalanan akan dilanjutkan menuju Tol Trans-Sumatera.

Berikut rincian tarif tol tiap ruas untuk kendaraan Golongan I, dikutip dari bpjt.pu.go.id, Senin (1/4/2024).

-Tol Jakarta (Tomang IC)-Tangerang : Rp 5.500
-Tangerang (Cikupa)-Merak : Rp 53.500
-Bakauheni (Selatan)-Terbanggi Besar : Rp 183.500
-Terbanggi Besar-Kayu Agung : Rp 170.500
-Kayu Agung-Palembang (SS Kramasan) : Rp 50.000

Jika diakumulasi, total perjalanan untuk Jakarta-Palembang untuk kendaraan Golongan I, biaya tolnya mencapai Rp 463.000.

Torsi yang dihasilkan Toyota All New Avanza cukup mumpuni meski disalurkan ke roda depan. DOK. Toyota Torsi yang dihasilkan Toyota All New Avanza cukup mumpuni meski disalurkan ke roda depan.

Untuk masyarakat yang menggunakan Toyota Avanza, redaksi Kompas.com sudah pernah mengetes konsumsi BBM LMPV tersebut untuk rute luar kota dan hasilnya 16,1 Kilometer per liter.

Dengan jarak Jakarta-Palembang sekitar 527 Km, maka Toyota Avanza membutuhkan bensin sekitar 32,7 liter. Untuk pemakaian Pertamax dengan harga Rp 12,950 per April 2024, maka biaya yang perlu dipersiapkan adalah Rp 423.465.

Selain biaya tol dan BBM, pelancong yang ingin berlibur dari Jakarta ke Palembang juga harus menyiapkan dana untuk menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Penyeberangan ini ditempuh dengan jarak 30,6 kilometer, dengan waktu kurang lebih satu sampai dua setengah jam.

Ada dua tipe layanan yang bisa dipilih oleh pelancong, yakni regular dan express. Kedua layanan tersebut memiliki sejumlah perbedaan dari harga tiket, durasi perjalanan, hingga fasilitas.

Untuk pejalan kaki (tanpa kendaraan) penumpang dewasa dan anak-anak usia dua sampai lima tahun akan dikenakan biaya Rp 22.700 untuk yang reguler dan Rp 78.000 untuk express. Sementara untuk bayi di bawah dua tahun akan dikenakan biaya Rp 1.800 untuk reguler dan Rp 4.000 untuk express.

Kendaraan menumpuk diarea tunggu dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten pada arus mudik natal dan tahun baru 2024. Penumpukan terjadi pada hari ini karena cuaca burukKOMPAS.COM/RASYID RIDHO Kendaraan menumpuk diarea tunggu dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten pada arus mudik natal dan tahun baru 2024. Penumpukan terjadi pada hari ini karena cuaca buruk

Adapun untuk tarif Kendaraan Golongan IV A (kendaraan pengangkut penumpang kurang dari 5 meter) akan dikenakan biaya Rp 481.800 untuk reguler dan Rp 670.000 express.

Biaya kendaraan tersebut sudah termasuk penumpang yang berada di dalam mobil.

Jadi, untuk perjalanan liburan dari Jakarta-Palembang dibutuhkan biaya Rp 1.368.265 jika pelancong menggunakan kapal Feri dengan tipe layanan reguler. Sedangkan jika menggunakan tipe layanan express Rp 1.556.465 Biaya tersebut sudah termasuk BBM dan tarif tol.

Baca juga: Komunitas Ini Ajak Anak Yatim Ngabuburit Naik Harley di Bulan Ramadhan

Namun perlu dicatat, hitungan ini bersifat estimasi, belum termasuk biaya tambahan konsumsi, akomodasi, jarak dari rumah ke tol, hingga biaya penunjang lain untuk liburan.

Setidaknya para masyarakat bisa memperkirakan biaya transportasi jika mau berlibur Jakarta-Palembang menggunakan mobil pribadi, dalam hal ini, Toyota Avanza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com