Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Belum Beroperasi

Kompas.com - 27/03/2024, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan bahwa Ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 19 Km siap beroperasi fungsional saat Mudik Lebaran 2024.

Jalan tol ini bakal terkoneksi dengan ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek yang menjadi pusat kegiatan nasional.

Dengan begitu masyarakat yang dari arah Pamulang, Depok, Tangerang, bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga tak harus melewati tol dalam kota.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di GT Halim, Sopir Truk Masih Berusia 18 Tahun

Kompas.com coba memantau langsung Tol Cimanggis-Cibitung dengan masuk dari Tol Jagorawi arah Bogor, Rabu (27/3/2024).

Dengan kondisi lalu lintas yang lancar dan kecepatan rata-rata 80 kpj, hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai ke Gerbang Tol Cimanggis 5, yang akan tersambung ke Tol Cikampek.

Kemudian pengemudi yang ingin ke arah tol Cikampek harus mengambil arah Nagrak, Cileungsi dan keluar Gerbang Tol Jatikarya Utama.

Sayangnya, ruas tol arah Cikampek dari arah Cimanggis-Cibitung belum beroperasi, sehingga pengemudi akan dialihkan untuk keluar melalui Nagrak, Transyogi, Cibubur.

Tol Cimanggis-Cibitung JatikaryaKompas.com/Nanda Tol Cimanggis-Cibitung Jatikarya

Kementerian PUPR sebelumnya mengatakan bahwa ruas Tol Cimanggis-Cibitung bakal diresmikan dalam waktu dekat.

Jaringan Tol JORR 2 terdiri atas Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 Km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,1 Km).

Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,47 Km) dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34 Km). Artinya, jika Ruas Tol Cimanggis - Cibitung telah diresmikan maka jaringan Tol JORR 2 terkoneksi sepenuhnya.

Tol Cimanggis-Cibitung JatikaryaKompas.com/Nanda Tol Cimanggis-Cibitung Jatikarya

Baca juga: Pekan Depan, Polisi Turunkan 155.165 Personel untuk Amankan Mudik Lebaran

Sebagai informasi, jaringan Jalan Tol JORR 2 ini menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke Bogor tanpa harus melalui Jakarta.

Jaringan tol ini turut melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com