Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Rilis RS660 Trofeo, Khusus Trek dan Dijual Terbatas

Kompas.com - 27/03/2024, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia baru saja merilis RS660 Trofeo, motor khusus trek balap dengan basis motor sport ringan RS660.

Dikutip dari Rideapart, Aprilia menjual RS660 Trofeo secara terbatas, cuma ada 28 unit. Keunikannya adalah RS 660 Trofeo dibuat langsung oleh divisi balap Aprilia.

Produksi terbatas ini karena pembuatannya dilakukan Aprilia Racing department di sela-sela musim balap. RS660 Trofeo ini jadinya masuk ke program Factory Works.

Baca juga: Aprilia Blak-blakan Incar Enea Bastianini

 

Aprilia RS660 Trofeo, dijual cuma 28 unit dengan harga Rp 300 jutaanRideapart Aprilia RS660 Trofeo, dijual cuma 28 unit dengan harga Rp 300 jutaan

Artinya, RS660 Trofeo punya spesifikasi yang lebih spesifik, buat balapan. Makanya sudah tidak pakai anak kunci, tombol ABS pun dicabut karena sudah masuk ke program yang diatur secara elektronis.

Bukan itu saja, sistem pengeremannya dibuat lebih simpel. Lalu ECU dari motor diprogram ulang dengan mapping tenaga penuh yang dikembangkan Aprilia Racing plus memakai knalpot SC Project khusus balap.

Bagian suspensi pun kena sentuhan biar makin mantap di trek balap. Misal di depan bisa disetel kompresi rebound damping, sampai preload. Begitu juga di belakang memakai Öhlins AP948 dengan setelan hidrolik.

Baca juga: Kilah BMW Belum Umumkan Harga i5

Sasis juga tidak luput ditingkatkan, Aprilia membuat posisi berkendaranya lebih rendah dan dudukan kaki bisa diatur. Bobotnya pun turun, sekarang cuma 153 Kg dalam keadaan kosong.

Buat harganya, Aprilia membanderol RS660 Trofeo seharga 21.500 dollar AS atau setara Rp 340 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com