Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub DKI Akan Tutup Putaran Balik Citywalk, Ini Alternatifnya

Kompas.com - 27/03/2024, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penutupan putaran balik (u-turn) Citywalk di Jalan KH Mas Mansyur - Habib Usman Mufti, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 1 sampai 15 April 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan selama pelaksanaan uji coba penutupan u-turn tersebut.

Putaran balik Citywalk merupakan salah satu lokasi yang direncanakan akan dilakukan penutupan u-turn pada tahun 2024,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional buat Mudik Lebaran

Ilustrasi u-turnKOMPAS.com Ilustrasi u-turn

“Sesuai dengan kebijakan penanganan kemacetan jangka mendesak atau pendek di wilayah Provinsi DKI Jakarta,” kata dia.

Ia pun mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

Termasuk juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengikuti petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Baca juga: Cara Keluar dari Dalam Mobil Saat Semua Pintu Terkunci

Dishub DKI pun telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas, berupa alternatif putaran balik yang dapat dilalui kenadraan dari arah Timur (Casablanca) dan arah Barat (Tanah Abang).

Selain penutupan, akan dilakukan pengaturan Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam/Utara (Sudirman).

Terakhir, juga dilakukan kanalisasi dengan Movable Concrete Barrier (MCB) pada frontage Jalan Layang Non Tol (JLNT) arah ke Timur (Casablanca).

Baca juga: Sopir Truk Sekarang Lebih Pilih Jalan Sendiri Tanpa Kernet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Berikut ini rekayasa lalu lintas imbas penutupan putaran balik Citywalk:

a. Dilakukan penutupan U-Turn Citywalk Arah Timur-Timur dan Arah Barat-Barat di Jalan K.H. Mas Mansyur Kota Administrasi Jakarta Pusat. Alternatif putaran yang dapat dilalui oleh kendaraan sebagai berikut:

1) Kendaraan dari arah Timur (Casablanca) yang akan ke Timur/Utara (Sudirman) dapat menggunakan putaran Timur-Timur di depan Apartemen Cassadomaine sejauh kurang lebih 600 meter dari putaran eksisting;

2) Kendaraan dari arah Barat (Tanah Abang) yang akan ke Barat (Penjernihan) dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Intiland sejauh kurang lebih 500 meter atau yang akan menuju ke Selatan (Senayan) dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh kurang lebih satu kilometer dari putaran eksisting.

b. Dilakukan pengaturan Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam/Utara (Sudirman). Lalu lintas dari Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 yang akan menuju ke Jalan Habib Usman Mufti dapat menerus di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-belok kiri ke Jalan RM Margono Djodjohadikoesoemo-belok kiri ke Jalan Habib Usman Mufti - Jalan KH Mas Mansyur.

c. Dilakukan kanalisasi dengan Movable Concrete Barrier (MCB) pada frontage Jalan Layang Non Tol (JLNT) arah ke Timur (Casablanca). Lalu lintas dari Kawasan Sahid yang akan menuju ke Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca dapat melalui Jalan Karet Pasar Timur 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com