Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Polisi Turunkan 155.165 Personel untuk Amankan Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/03/2024, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Kepolisian mulai mencanangkan beberapa agenda pengamanan dan ketertiban, untuk mengawal jalannya program mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan keterangan, satu upaya yang dilakukan adalah menyiagakan 155.165 personel gabungan, yang terdiri dari anggota  Polri, TNI, dan instansi pendukung lainnya.

Kasubag Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani menjelaskan, selurh anggota tersebut akan ditempatkan di posko-posko pengamanan, yang sebarannya merata di sepanjang jalur mudik.

Bargani menambahkan, jumlah personel yang dikerahkan selama masa pengamanan mudik Lebaran memang selalu banyak, mengingat agenda ini sudah berskala nasional dan terjadi dalam waktu relatif cepat.

Baca juga: Penyebab Pelek Mobil Panas Usai Dipakai Jalan

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng). KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng). 

“Konsentrasi anggota akan kami (Polisi) fokuskan untuk mengawal mudik. Manpower yang dibutuhkan memang banyak, karena cangkupannya luas,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Rencananya, ratusan ribu personel gabungan akan mulai diposisikan di titik-titik penugasannya pada pekan depan, dimulai Senin (1/4/2024).

Pemilihan waktu tersebut dinilai sudah sesuai dan jadi langkah persiapan jelang operasi ketupat 2024, yang dimulai pada Rabu (4/4/2024).

“Sesuai amanat Kapolri dan Kakorlantas, operasi ketupat tahun ini dimulai tanggal 4 April besok,” ucap Bargani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com