Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Reset Head Unit Mobil ke Pengaturan Pabrik

Kompas.com - 27/03/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Head unit atau perangkat panel hiburan yang ada pada dashboard mobil kerap diandalkan pengendara untuk membangun nuansa nyaman saat berkendara.

Ada beberapa jenis hiburan seperti radio, music player, dan video. Bahkan mobil-mobil modern dilengkapi fitur tambahan pada head unitnya seperti menu navigasi, konektivitas dengan perangkat ponsel dan sebagainya.

Pada kondisi tertentu karena penggunaan secara rutin, atau pemenuhan memori head unit bisa mengalami penurunan performa seperti tombol error, layar mati sendiri, lemot dan sebagainya.

Baca juga: Ubahan Terbaru Honda Brio Satya, Ganti Head Unit

Head unit Android untuk Suzuki S-pressoDok. Tirtajaya Variasi Head unit Android untuk Suzuki S-presso

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motors Bintaro mengatakan beberapa masalah head unit bisa ditangani dengan reset factory atau pengaturan ulang perangkat lunaknya.

“Dengan melakukan reset head unit maka semua tampilan, data penyimpanan, menu radio, pengaturan waktu dan perangkat tersambung akan terhapus atau kembali ke pengaturan awal,” ucap Rofiq kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Head unit akan menjadi seperti baru kembali setelah dilakukan reset. Cara ini juga kerap dilakukan ketika head unit sedikit mengalami penurunan performa yang disebabkan karena perangkat lunaknya menurut Rofiq.

Baca juga: Pasang Head Unit ala Tesla untuk Innova Zenix Hybrid, Segini Harganya

Head unit Android Rp 1 jutaanRAJA AUDIO Head unit Android Rp 1 jutaan

“Cara mereset head unit terbilang cukup mudah yakni dengan menekan tombol power sambil ditahan beberapa detik sampai perangkat hidup kembali, jika langkah ini berhasil maka pengaturan akan kembali seperti baru,” ucap Rofiq.

Selain mengandalkan tombol power, ada juga jenis head unit yang dilengkapi tombol reset berupa lubang kecil di area bodinya.

“Caranya dengan mengambil jarum tumpul atau sejenis paper clip untuk menekan tombol di dalam lubang tersebut dan ditahan sampai head unit menyala kembali,” ucap Rofiq.

Baca juga: Ganti Head Unit Suzuki S-presso Jadi Canggih, Mulai Rp 8 Juta

BMW perkenalkan teknologi terbarunya pada CES 2024, head unit yang terintegrasi dengan video gimDok. BMW BMW perkenalkan teknologi terbarunya pada CES 2024, head unit yang terintegrasi dengan video gim

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan sebagian masalah head unit memang bisa ditangani dengan melakukan reset, tapi tidak semua.

“Artinya bila kerusakan mencakup masalah software atau perangkat lunaknya direset kemungkinan bisa sembuh, tapi bila yang sudah kena hardware-nya tidak akan berhasil,” ucap Elin kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Elin mengatakan cara mereset head unit ke pengaturan pabrik ada beberapa cara tergantung tombol yang disediakan oleh produsen.

Baca juga: Ganti Head Unit Android China, Praktis dan Ekonomis


“Ada yang berupa lubang, tombol reset khusus dan tombol power, caranya sama dengan menekannya dan ditahan beberapa detik sampai head unit memberikan respons booting,” ucap Elin.

Nah, itu tadi cara mereset head unit mobil kembali ke pengaturan awal pabrik untuk menghapus memori atau mencoba mengembalikan performanya seperti sedia kala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com