Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Head Unit Suzuki S-presso Jadi Canggih, Mulai Rp 8 Juta

Kompas.com - 16/01/2024, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki S-presso jadi salah satu mobil yang cukup digemari karena dimensinya yang ringkas. Sayangnya bagian head unit mobil ini cukup sederhana. Tapi, sekarang sudah ada perangkat untuk membuatnya jadi lebih canggih.

Pemilik S-presso bisa mengganti head unit dengan produk OEM keluaran Tomiko. Head unit ini dibekali dengan layar QLED berukuran 9 inci dan memiliki banyak fitur canggih di dalamnya.

Baca juga: Ini Potensi Masalah Steering Tie Rod pada Suzuki S-Presso

Justinus Wirawan, pemilik Tirtajaya Variasi, mengatakan, head unit Android merek Tomiko memang dirancang untuk pengganti OEM. Sehingga, otomatis instalasinya tinggal colok alias Plug n Play (PnP).

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

"Tanpa potong kabel, sudah tersedia soket-soketnya. Aman untuk kelistrikan dan tidak mengganggu garansi," ujar Justinus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Justinus menambahkan, head unit Tomiko untuk S-presso ini menggunakan sistem operasi Android 10 dengan spesifikasi RAM 6 GB dan ROM 64 GB. Tapi, ada juga yang dibekali dengan RAM 8 GB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Justinus Wirawan (@tirtajaya_variasi)

Baca juga: Masalah Steering Tie Rod, Suzuki Recall 2.228 S-Presso di Indonesia

Fitur-fitur andalannya lainnya, seperti konektivitas menggunakan Android Auto dan wireless Apple CarPlay, perintah suara, Digital Signal Processor, dan lainnya. Dengan berbasis Android, maka berbagai aplikasi yang disediakan di Play Store juga bisa dinstalasikan pada head unit ini.

Head unit Android untuk Suzuki S-pressoDok. Tirtajaya Variasi Head unit Android untuk Suzuki S-presso

"Jadi, bisa kita kembangkan sendiri perlunya aplikasi apa yang bisa membantu memudahkan kita saat di perjalanan," kata Justinus, yang tokonya berada di Jalan Gatot Subroto No. 125, Bandung, Jawa Barat.

"Head unit ini sudah mendukung penggunaan Wifi dan kartu SIM. Jadi, bisa pilih mau koneksinya pakai kartu SIM atau tethering dari ponsel kita," ujarnya.

Head unit Android untuk Suzuki S-pressoDok. Tirtajaya Variasi Head unit Android untuk Suzuki S-presso

Untuk harganya, Justinus menambahkan, head unit untuk S-presso dibanderol Rp 8 juta, dengan RAM 6 GB. Sedangkan yang RAM 8 GB, harganya Rp 9 juta. Harga tersebut sudah termasuk instalasi atau pemasangan.

"Ada juga yang sudah termasuk kamera 360 3D, tapi beda harganya cukup jauh. Untuk yang ada kamera 360 3D, harganya Rp 12 juta. Tapi, barangnya inden sekitar 2 hari," kata Justinus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com