Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Head Unit ala Tesla untuk Innova Zenix Hybrid, Segini Harganya

Kompas.com - 26/01/2024, 17:51 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemewahan interior bagian dalam mobil dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yakni lewat tampilan head unit untuk mengoperasikan fitur-fitur multimedia.

Mobil-mobil modern lansiran tahun terbaru umumnya sudah dibekali head unit berteknologi canggih. Hanya saja, ukurannya cenderung kecil dan tidak terlalu lega.

Tren terbaru di 2024, semakin banyak konsumen yang meggandrungi head unit berukuran besar, seperti dijumpai pada Tesla. Beruntungnya, teknologi semacam ini sudah banyak tersedia dan bisa dipasang lewat modifikasi aftermarket.

Akong, Pemilik bengkel spesialis modifikasi audio Mobiltronik menjelaskan, head unit berukuran besar dikenal juga dengan istilah command hub. Layarnya sangat lapang dengan ukuran minimal 12 inci, seperti ukuran monitor atau bahkan televisi.

Baca juga: Suzuki Jimny Versi Atap Terbuka Khusus buat Safari

First Impression Tesla Model 3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Tesla Model 3

Karena ukuran layarnya lebih lapang, fitur-fitur yang termuat di dalamnya juga lebih banyak. Fungsinya tidak lagi sebatas mengatur bluetooth atau volume saja, tapi juga intensitas AC, navigasi satelit, bahkan streaming dan bermain game.

Operating system-nya itu pakai android auto dan apple carplay, jadi command hub ini fungsinya sudah setara sama smartphone. Mau nonton YouTube juga bisa,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (26/1/2024).

Akong menambahkan, aksesori ini juga sudah mendukung kartu sim dan bisa mengakses jaringan internet. Kinerjanya juga cukup mumpuni, karena memiliki kapasitas RAM 6 gigabyte dan ROM 256 gigabyte.

Dia mengatakan, modifikasi head unit macam ini sangat digemari oleh pengguna mobil-mobil jenis MPV dan SUV, contohnya yakni Innova Zenix Hybrid yang cukup populer di tahun 2023.

Baca juga: Langkah yang Harus Dilakukan jika Terjadi Gempa Saat Mengemudi

Head unit mobil ala Tesla, bisa dipasang untuk Toyota Innova Zenix Hybrid atau Toyota FortunerKompas.com/Daafa Alhaqqy Head unit mobil ala Tesla, bisa dipasang untuk Toyota Innova Zenix Hybrid atau Toyota Fortuner

“Kesannya kalau makai command hub seperti ini, interior mobil langsung berubah jadi tambah futuristis. Bisa pakai voice command juga seperti Siri (milik apple), lebih canggih pokoknya,” ucapnya.

Bagi konsumen yang berminat memasang head unit berukuran besar ini, Akong mematok harga mulai dari Rp 11 juta untuk layar 12 inci.

Perlu diingat, proses instalasinya cukup memakan waktu karena melibatkan banyak sektor elektrikal. Durasinya bisa sekitar empat sampai enam jam, tergantung jenis mobil yang ditangani.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com