Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma di Indonesia BRZ Jadi Model Terlaris Subaru

Kompas.com - 21/03/2024, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Subaru BRZ meluncur di Indonesia pada pertengahan tahun 2022. Semenjak itu, sport car coupe ini berhasil menjadi salah satu model terlaris di Tanah Air.

Arie Christopher, Chief Marketing Officer PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia), mengatakan, saat ini Crosstrek dan BRZ jadi tulang punggung penjualan di Indonesia.

Menurutnya, BRZ merupakan model yang menyasar segmen niche, namun mampu membuktikan diri sebagai model yang juga digemari di Indonesia.

Baca juga: Mobil Rakyat Jadi Kunci Indonesia Keluar dari Jebakan 1 Juta Unit

Subaru BRZ 2024Subaru Indonesia Subaru BRZ 2024

"Itulah uniknya orang Indonesia jadi memang BRZ segmennya niche, tapi peminatnya juga paling banyak,” ujar Arie di Jakarta (19/3/2024).

“BRZ itu bisa hampir 35 persen enggak beda jauh sama Crosstrek bisa 40-an persen dari total, sisanya Forester, Outback, dan WRX," kata dia.

Sementara itu, Ismail Ashlan, Marketing & PR General Manager Subaru Indonesia, mengatakan, prinsipal Subaru di Jepang bahkan ikut terkejut melihat penjualan di Indonesia.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Daihatsu Sigra

“Karena BRZ enggak pernah tiga besar (terlaris) di semua negara. Hanya di Indonesia yang tiga besar. Biasanya volume maker itu hanya SUV, di Jepang itu Outback, Crosstrek, sama Forester. Di negara Indonesia volume maker-nya sports coupe, agak jarang,” ucap Ismail.

Ismail juga mengatakan, setidaknya ada dua alasan mengapa BRZ bisa menjadi menyumbang penjualan terbanyak di Indonesia.

“Kami melihat dari sisi emosional bisa, dari sisi logika juga bisa. Logikanya adalah Subaru BRZ itu satu-satunya yang bisa kasih value di sport car. Value dalam arti produk dan harga,” kata Ismail.

“Kan dia waktu diproduksi kembar, tapi kami bisa kasih harga lebih rendah (dari Toyota 86), dengan spesifikasi yang cukup baik. Jadi dari sisi harga lebih rendah, secara fitur enggak kurang banyak,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com