Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Porsche Tabrak Grand Livina di Tol, Jaga Posisi Mobil

Kompas.com - 18/03/2024, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan tabrak belakang kembali terjadi, kali ini melibatkan Porsche 911 Carrera S dengan Nissan Grand Livina di Tol Kejapanan-Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).

Berdasarkan keterangan Polisi, tabrakan terjadi di KM 768.400/B arah Sidoarjo. Grand Livina ditabrak dari belakang oleh Porsche, dua orang luka ringan dan satu luka berat.

Berdasarkan foto yang beredar di media sosial, kerusakan yang dialami Grand Livina sangat parah. Bagian belakang mobilnya remuk, sedangkan Porsche kap mesin bengkok dan bumper depan terlepas.

Baca juga: Bus Rosalia Indah Terbakar di Jalan Tol Solo - Semarang

Porche tabrak mobil dari belakang di Tol Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).Dokumen: Unit PJR Polda Jatim Porche tabrak mobil dari belakang di Tol Sidoarjo, Minggu (17/3/2024).

Melihat kejadian tersebut, risiko kecelakaan pasti ada terus walau sudah berusaha mengemudi dengan aman. Misal seperti Porsche yang menabrak dari belakang, kadang tidak diduga oleh kendaraan yang ditabrak.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, risiko kecelakaan pasti ada. Tidak ada cara buat menghindarinya, paling bisa untuk diminimalisir.

"Ada lima jurus mengemudi defensif yakni jaga kecepatan, jaga jarak, komunikasi, taat aturan lalu lintas, dan jaga emosi," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: PO Sinar Jaya Buka Trayek Tangerang - Banyuwangi, Pakai Suites Class


Sony bilang, mobil yang mengebut cenderung memakai bahu jalan atau ambil paling kanan. Makanya lebih aman, posisikan mobil di lajur kiri, tapi tetap harus waspada, seperti dengan sering mengecek spion ke arah belakang.

"Pintar-pintar menempatkan posisi mobil di antara kendaraan yang bergerak. Kadang ada celah sedikit pasti dijadikan arena zigzag (oleh mobil yang kebut-kebutan)," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com