Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik 2024, Menhub Sebut Ada Diskon Tarif Tol dan Transportasi

Kompas.com - 13/03/2024, 06:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2024, diperkirakan bakal mengalami kenaikan signifikan dari tahun lalu.

Dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi, jumlahnya mencapai 193,6 juta orang. Sementara tahun lalu hanya 123.8 juta orang.

Menyikapi hasil survei tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pemerintah akan memberlakukan kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik.

Baca juga: Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Naik, Capai 193,6 Juta Orang

Beberapa diantaranya seperti menyiapkan rekayasa lalu lintas, memberikan diskon khusus untuk angkutan transportasi, termasuk diskon tarif tol.

Suasana Terminal Bus AKAP Lebak BulusKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Suasana Terminal Bus AKAP Lebak Bulus

"Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang berisiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan," ucap Budi dalam keterangan resminya, Selasa (12/3/2024).

Adapun kebijakan-kebijakan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kepadatan di simpul dan ruas jalan baik melalui pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

Berdasarkan hasil survei juga diketahui, angkutan mudik yang paling banyak diminati pada masa Lebaran 2024 adalah kereta api. Setelah itu bus, lalu mobil pribadi, dan terakhir sepeda motor.

Baca juga: Apa Beda Tuas Transmisi Mobil Matik Model Zig-zag dan Lurus?

Kondisi arus lalu lintas kendaraan dari arah Semarang yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (23/4/2023) malam. Jasa Marga Kondisi arus lalu lintas kendaraan dari arah Semarang yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (23/4/2023) malam.

Untuk daerah tujuan terbanyak masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni Jawa Tengah yang mencapai 31,8 persen atau 61,6 juta orang. Selanjutnya Jawa Timur 37,6 juta orang atau 19,4 persen, dan Jawa Barat 32,1 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com