Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cipali Paling Rawan Kecelakaan Saat Arus Mudik, Ini Lokasinya

Kompas.com - 12/03/2024, 14:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut ruas Tol Cikopo - Palimanan (Cipali), Jawa Barat masih jadi titik rawan kecelakaan.

Terlebih ketika terjadi kepadatan arus lalu lintas seperti saat musim mudik dan balik Lebaran. Sebab itu, kepolisian terus melakukan perhatian khusus terhadap ruas dimaksud.

"KM 188 ini juga krusial, ini masih ada gerbang eks-Palimanan sering terjadi kecelakaan di gerbang ini, sehingga menjadi perhatian kita," jelas Aan dalam keterangannya dikutip Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Finis Kedua dari Belakang, Luca Marini Sadar Kekurangan Honda

Truk dibekali rem angin penuh, sehingga ketika angin tekor truk akan berhenti secara otomatis. Kejadin ini terjadi di Tol Cipali. Tangkapan layar/Achmad WIldan Truk dibekali rem angin penuh, sehingga ketika angin tekor truk akan berhenti secara otomatis. Kejadin ini terjadi di Tol Cipali.

Oleh karenanya, Aan memastikan pihaknya akan mengelola arus lalu lintas saat puncak arus mudik dan balik agar angka kecelakaan dapat ditekan.

"Pada saat arus mudik dan balik ini akan kelola sehingga harus tetap lancar, untuk kecelakaan juga bisa kita tekan," ucapnya.

Selain KM 188, Aan mengatakan KM 152 juga diprediksi akan jadi titik bottle neck atau penyempitan jalur saat arus mudik dan balik. Pengelolaan arus lalu lintas di titik krusial ini akan dimaksimalkan.

"Ada beberapa tadi kita tinjau yang pertama gerbang tol Cisumdawu Utama ada arus yang datang dari Bandung, nanti akan bertemu di Cipali KM 152 di mana Cipali ini akan terjadi bottle neck," ujarnya.

Baca juga: Sulit Cegah Truk ODOL, DCVI Fokus Beri Fitur Canggih di Truk

Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.

Dari Tol Cisamdawu, kata Aan, terdapat dua lajur yang akan bertemu seperti di Tol Cipali. Dia memastikan pelambatan pada setiap kendaraan yang masuk tidak terjadi.

"Dua lajur ini akan menjadi empat, sehingga untuk memastikan pertemuan ini bisa berjalan tetap smooth sehingga perlambatan bisa dikurangi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com