Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Aturan RPM yang Pas untuk Pindah Gigi | Honda HR-V Facelift Siap Meluncur | Ciri-ciri Oli Mesin Mobil Sudah Harus Diganti

Kompas.com - 16/03/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh soal tips mengendarai mobil manual, termasuk cara memindahkan gigi yang tepat. Selain itu, tak sedikit juga yang penasaran dengan Honda HR-V facelift yang siap meluncur.

Banyak juga pembaca yang ingin mengetahui ciri-ciri oli mesin mobil yang harus diganti. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (15/3/2024):

1. Aturan RPM yang Pas untuk Pindah Gigi di Mobil Manual

Takometer trukIndomobil Hino Takometer truk

Ketika melakukan perpindahan gigi pada mobil transmisi manual, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga RPM tetap stabil dan sesuai.

Hal ini berguna untuk memastikan perpindahan gigi supaya halus dan efisien, serta mencegah terjadinya keausan yang berlebih pada komponen transmisi.

Baca juga: Aturan RPM yang Pas untuk Pindah Gigi di Mobil Manual

2. Video Viral Fortuner Bensin Salah Isi Dexlite di SPBU, Langsung Towing

Fortuner bensin diisi solarInstagram/indocarstuff Fortuner bensin diisi solar

Kesalahan dalam melakukan pengisian jenis bahan bakar suatu suatu kendaraan merupakan hal yang sangat fatal karena dapat berpengaruh besar terhadap dapur pacu.

Meski jarang, kondisi ini dapat saja ditemui pada mobil tertentu yang dipasarkan dengan dua jenis bahan bakar berbeda seperti Toyota Fortuner, sebagaimana diposting akun @indocarstuff.

Baca juga: Video Viral Fortuner Bensin Salah Isi Dexlite di SPBU, Langsung Towing

3. Honda HR-V Facelift Siap Meluncur, Simak Ubahannya

Honda Vezel atau yang juga dikenal dengan Honda HR-V.Doc Carscoops Honda Vezel atau yang juga dikenal dengan Honda HR-V.

Honda baru saja melakukan penyegaran pada sport utility vehicle (SUV) ringkas Honda Vezel di Jepang, atau yang juga dikenal dengan Honda HR-V.

Model baru dari Honda HR-V ini hadir dengan sejumlah penyegaran pada sisi eksterior, interior, serta menawarkan pilihan mesin dengan teknologi hibrida.

Baca juga: Honda HR-V Facelift Siap Meluncur, Simak Ubahannya

4. Kasus Xpander Tabrak Porsche di Showroom, Bisa Ditanggung Asuransi?

Insiden Mitsubishi Xpander menabrak Porsche 911 GT3 yang dipajang di showroom Ivan's Motor di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta UtaraDok. @undercover.id Insiden Mitsubishi Xpander menabrak Porsche 911 GT3 yang dipajang di showroom Ivan's Motor di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Insiden Mitsubishi Xpander yang menabrak Porsche 911 GT3 di dalam showroom langsung viral di media sosial. Ternyata, Porsche yang menjadi korban bisa ditanggung oleh asuransi dari si pemilik Xpander.

Pada video yang beredar di media sosial, terlihat Xpander menabrak diler yang diketahui adalah Ivan's Motor di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Tidak hanya menabrak diler, Xpander tersebut sampai menabrak Porsche yang dipajang di dalamnya.

Baca juga: Kasus Xpander Tabrak Porsche di Showroom, Bisa Ditanggung Asuransi?

5. Ciri-ciri Oli Mesin Mobil Sudah Harus Diganti

Manfaatkan fitur pengingat penggantian oli mesin agar tidak telat atau kelupaan.Tangkapan layar Manfaatkan fitur pengingat penggantian oli mesin agar tidak telat atau kelupaan.

Mesin membutuhkan sistem pelumasan yang baik dengan menjaga kualitas dan volume oli. Maka dari itu, oli mesin wajib diganti secara rutin.

Selain sudah ditentukan waktunya berdasarkan jarak tempuh atau hitungan bulan, penggantian oli mesin juga bisa dilakukan bila kualitasnya menurun. Lantas, apa saja tanda oli mesin mobil sudah minta ganti?

Baca juga: Ciri-ciri Oli Mesin Mobil Sudah Harus Diganti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com