Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Ada Rekayasa Lalin di Merak-Bakauheni

Kompas.com - 15/03/2024, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan pemudik di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni, Korlantas Polri bakal menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya bakal mengelola angkutan Lebaran dan transportasi yang menuju ke pelabuhan Merak, Ciwandan, Bandar Bakau Jaya (BBJ).

“Untuk arus lalu lintas yang menuju ke penyeberangan baik itu Merak, Ciwandan, BBJ begitu juga di Bakauheni Lampung kita sudah siapkan,” ujar Aan, dilansir dari laman Humas Polri, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Bos Ducati Bilang Penampilan Perdana Marquez Menakutkan!

Antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Minggu (23/4/2023) sore. Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa mulai ramai.KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA Antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Minggu (23/4/2023) sore. Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa mulai ramai.

“Mulai dari situasi yang normal pembagian untuk kendaraan ke Merak, kendaraan roda dua, kemudian ke BBJ golongan 8 dan 9 angkutan barang sudah kita siapkan,” kata dia.

Terdapat beberapa informasi yang ada di Pelabuhan Merak Ciwandan dan BBJ yang nantinya akan dilakukan beberapa rekayasa lalu lintas terutama pada pembagian kendaraan.

“Ketika nanti ada informasi dari pelabuhan baik dari Merak Ciwandan maupun BBJ kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas terutama pembagian kendaraan yang akan menuju Ciwandan dan BBJ ada di Cilegon Timur kita akan sharing,” ucap Aan.

Baca juga: Bukan Pajangan, Ini Fungsi Tombol Release di Tuas Transmisi Mobil Matik

Ia menambahkan, ketika terjadi situasi peningkatan kendaraan, nantinya akan diterapkan delaying system untuk mengatur arus masuk kendaraan menuju dermaga atau pelabuhan.

“Ketika situasinya meningkat kita akan berlaku kan delaying system untuk mengatur kendaraan yang akan masuk ke dermaga atau pelabuhan sehingga kita akan siapkan buffer zone di di Cikuasa atas nanti ada lahan parkir di situ,” kata Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com