Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Murah Bikin Spidometer Mobil Jadi Lebih Menarik

Kompas.com - 14/03/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil kerap memberi sentuhan berbeda pada bagian kabin. Salah satunya bagian yang bisa mendapat ubahan adalah petunjuk panel instrumen (spidometer dan odometer) mobil.

Bagi pemilik mobil yang cepat bosan dengan tampilan bawaan panel instrumen, saat ini ada cara mudah untuk membuat tampilannya makin menarik. Konsumen bisa melakukan ubahan spidometer sesuai dengan keinginan.

Dian Ananto Pratikno, Kepala Cabang SPD Jakarta dan LMP Autolight mengatakan, saat ini tak sedikit pemilik kendaraan yang melakukan custom speedometer dengan menambah foto, logo atau tulisan.

Baca juga: Pelanggan Mulai Menerima Truk dan Bus Euro 4 dari Mercedes Benz

“Bisanya untuk spidometer mobil itu banyak yang custom, mulai dari order panel, nambah foto, logo, tulisan sesuai keinginan. Ada juga yang upgrade LED misal warna bawaan masih oranye kita ubah jadi putih atau iceblue,” kata Dian, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2024).

Dian melanjutkan, custom panel ini bisa dilakukan di semua merek dan model mobil, dengan menggunakan bahan acrylic 1 mm.

Panel instrumen mobilKompas.com/Nanda Panel instrumen mobil

“Pada dasarnya kalau mau upgrade panel kita bisa semua mobil, kalaupun belum punya ukurannya bisa kita scan dan buatkan ukuran baru yang sesuai dengan spidometernya. Untuk bahan panelnya, kita menggunakan acrylic 1 mm, memang agak tebal tapi bisa tembus cahaya,” kata Dian.

Bagi Anda yang berminat untuk custom panel spidometer harus melakukan pemesanan terlebih dahulu, dengan waktu tunggu sekitar 7-14 hari, dan waktu produksi selama 4-5 hari.

Baca juga: Semarang Banjir, Pengguna Kendaraan Harus Ingat Bahaya Water Hammer

“Setelah itu baru kami jadwalkan pemasangan di workshop. Untuk waktu pemasangannya hanya 3-4 jam. Dengan biaya sebesar Rp 489.000 untuk panel saja, kemudian yang custom Rp 749.000. Kalau termasuk biaya pemasangan kita patok harga mulai dari Rp 989.000,” ujar Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com