Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Jadi Pabrikan dengan Sistem ADAS Terbaik

Kompas.com - 14/03/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil saat ini dibekali dengan sistem bantuan pengemudi atau Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Ternyata, dari semua mobil yang memiliki teknologi tersebut, Lexus jadi pabrikan dengan ADAS terbaik.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (14/3/2024), Lexus disebut sebagai pabrikan dengan ADAS terbaik menurut Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di Amerika Serikat. Lexus berhasil mengalahkan Tesla hingga Mercedes-Benz.

Baca juga: Mobil Dinas RI 98 Pakai Lexus LM Terbaru, Cek Spesifikasi dan Harganya

IIHS melakukan pengetesan pada 14 sistem berbeda, mulai Lexus, GM, Ford, Genesis, BMW, Mercedes, Nissan, Volvo, dan Tesla. Evaluasinya jauh lebih dari sekadar melihat apakah semua sistem yang dites ini dapat menjaga mobil tetap melaju di jalan bebas hambatan tanpa mencoba mengirimkannya ke lalu lintas yang datang.

Edisi spesial Lexus RZ 450e F Sport PerformanceDok. Toyota Edisi spesial Lexus RZ 450e F Sport Performance

Para penguji melihat faktor-faktor seperti bagaimana pengemudi dipantau dan diingatkan untuk memperhatikan, dan tindakan apa yang diambil ketika pengemudi mengabaikan peringatan tersebut.

Hal terakhir ini penting karena pengemudi mungkin tidak mengabaikan peringatan tersebut. Namun, bisa saja mengalami gangguan medis tertentu, yang berarti mobil perlu diperlambat demi keselamatan.

Baca juga: Lexus RZ 450e F Sport Performance Edisi Spesial Siap Meluncur

Lalu, yang mengejutkan, 11 dari 14 sistem dinilai buruk oleh tim IIHS, termasuk Autopilot Tesla dan teknologi Full Self Driving yang mahal dari perusahaan yang sama. Level 3 Drive Pilot milik Mercedes tidak dievaluasi, karena tidak ada mobil yang memiliki otonomi Level 3. Akan tetapi, sistem Distronic pada C-Class yang tidak memiliki kamera pendeteksi wajah dinilai buruk.

Lexus RZ model transmisi sekuensial ini dilengkapi pedal koplingKeitaSawa Lexus RZ model transmisi sekuensial ini dilengkapi pedal kopling

Begitu pula BlueCruise pada crossover listrik Mustang Mach-E milik Ford. Meskipun demikian, sistem ini mendapat pujian atas peringatan yang cepat diberikan saat pengemudi menutupi wajahnya.

Ilmuwan Peneliti Senior IIHS, Alexandra Mueller, mengatakan, kekurangannya bervariasi dari satu sistem ke sistem lainnya.

Lexus Electrified: Aethereum 2.0 di Senayan City, Jakarta Selatandok.Lexus Indonesia Lexus Electrified: Aethereum 2.0 di Senayan City, Jakarta Selatan

"Banyak kendaraan yang tidak memantau secara memadai apakah pengemudi melihat ke jalan atau bersiap untuk mengambil alih kendali," ujar Alexandra.

Medali perunggu diberikan kepada ProPilot Assist pada Nissan Ariya dan Super Cruise dari GM pada GMC Sierra. Sedangkan yang memiliki kinerja terbaik dan satu-satunya yang meraih peringkat "dapat diterima" adalah teknologi Lexus Teammate pada sedan LS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com