Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Pelumas Ini Kembali Dukung Prima Pramac Racing di MotoGP

Kompas.com - 06/03/2024, 19:45 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim satelit Ducati, Prima Pramac Racing, menjadi tim yang paling diantisipasi musim ini. Performanya tahun lalu benar-benar luar biasa, salah satunya berkat Jorge Martin. Tak heran, perusahaan pelumas seperti Motul tak segan untuk mendukung kembali tim ini.

Pada musim 2024, Prima Pramac Racing hadir dengan livery baru serta formasi baru. Tim satelit Ducati masih mengadopsi warna ungu. Hanya saja, sentuhan warna putih diganti menjadi warna hitam yang membuat tampilan Prima Pramac Racing terlihat lebih agresif.

Baca juga: Jorge Martin Targetkan Geser Enea Bastianini di Ducati

Untuk formasi pebalap, mereka masih mempertahankan runner up MotoGP tahun lalu, Jorge Martin. Pebalap asal Spanyol tersebut akan berduet dengan rekrutan baru, Franco Morbidelli.

Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli untuk musim 2024Dok. Motul Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli untuk musim 2024

Terinspirasi dari livery baru timnya, Martin berambisi membawa Pramac Racing sebagai penantang terkuat di MotoGP 2024. Apalagi tim Pramac Racing menjadi satu-satunya tim satelit Ducati yang menggunakan motor spesifikasi terbaru, yakni Desmosedici GP24, seperti yang dikendarai pebalap pabrikan Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

"Saya rasa motor kami cukup bagus, kami telah membuat langkah besar dalam hal desain. Kami harus mencoba, ketika mengendarai motor yang lebih agresif, untuk menjadi sedikit lebih agresif di trek dan mencoba untuk membawanya ke posisi pertama," ujar Martin, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Baca juga: Hadapi MotoGP 2024, Jorge Martin Sudah Belajar dari Kesalahan

Antusiasme yang sama juga disampaikan Team Principal Prima Pramac Racing, Paolo Campinoti. Menurutnya, target Prima Pramac Racing musim ini adalah bersaing di baris depan dan mengejar titel juara.

Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin untuk musim 2024Dok. Motul Prima Pramac Racing akan diperkuat Jorge Martin untuk musim 2024

"Tujuan kami tahun ini adalah untuk tetap berada di puncak, menyusul hasil luar biasa yang diraih di kejuaraan tahun lalu. Dengan menempati peringkat kedua di kejuaraan pembalap dan memenangi gelar juara dunia tim, kami membuat sejarah sebagai tim independen," kata Campinoti.

"Musim 2024 akan menjadi kejuaraan yang penting bagi kami. Ini akan menjadi tantangan sulit untuk berkembang dibandingkan musim lalu, namun kami bertekad untuk melakukan yang terbaik," ujarnya.

Tak hanya itu, ambisi Prima Pramac Racing untuk mengejar titel juara dunia MotoGP 2024 juga diperkuat lewat dukungan pihak sponsor, seperti pelumas Motul yang memang memiliki DNA balap.

Prima Pramac Racing akan diperkuat Franco Morbidelli untuk musim 2024Dok. Motul Prima Pramac Racing akan diperkuat Franco Morbidelli untuk musim 2024

Motul sendiri sudah menjadi bagian dari Prima Pramac Racing sejak musim lalu ketika Martin bertarung dengan Bagnaia hingga akhir seri kejuaraan. Musim ini, Motul kembali berkomitmen untuk mendukung tim satelit terkuat di grid MotoGP tersebut.

Luthfi Ilhami, Managing Director PT Motul Indonesia Energy, mengatakan, Motul sebagai brand pelumas yang besar di dunia balap tentunya bangga menjadi rekanan Prima Pramac Racing dalam mencetak sejarah di MotoGP.

"Hal tersebut sudah kami lakukan musim lalu, dimana Jorge Martin nyaris menjadi juara dunia. Musim ini, kami yakin Prima Pramac Racing masih punya potensi menghadirkan banyak kejutan di sepanjang seri balapan MotoGP. Selain itu, kolaborasi Motul dengan Prima Pramac Racing juga menjadi wadah kami dalam hal riset pengembangan produk," ujar Luthfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com