Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Fuso Turun di Awal Tahun, Kondisi Ekonomi Sulit

Kompas.com - 28/02/2024, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Pemilihan umum 2024 sudah selesai dilaksanakan. Tahun politik yang digadang punya pengaruh positif buat penjualan kendaraan niaga ternyata tidak terasa efeknya pada Mitsubishi Fuso.

Aji Jaya, Director of Sales & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, mengatakan, tahun politik sebelumnya seperti di 2014 dan 2019 seharusnya punya dampak yang positif.

"Misalnya saat periode kampanye, dari kontestan itu yang mendorong memutarnya kondisi ekonomi. Tapi kebetulan tahun 2023 bertepatan dengan kondisi ekonomi global yang kurang bagus, jadi itu berdampak kepada bisnis kendaraan komersial," ucap Aji saat peluncuran diler, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Mitsubishi Fuso Buka Diler ke-222 di Pangkalan Bun, Perluas Jaringan

Mitsubishi Fuso Canter KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mitsubishi Fuso Canter

Berdasarkan data wholesales Mitsubishi Fuso di Januari 2023-Desember 2023, tercatat sebanyak 31.644 unit. Secara keseluruhan pasar kendaraan niaga di 2023 sebanyak 226.476.

Sedangkan kalau dibandingkan dengan data wholesales Januari 2022-Desember 2022, penjualan Mitsubishi Fuso sebanyak 38.068 unit. Keseluruhan pasar kendaraan niaga saat itu sebanyak 264.477 unit.

Jadi kalau dihitung, wholesales Fuso di 2023 turun 16,87 persen. Secara keseluruhan pun turun 14,3 persen.

Mitsubishi Fuso Relokasi Dealer 3S di BukittinggiMitsubishi Fuso Mitsubishi Fuso Relokasi Dealer 3S di Bukittinggi

Aji menjelaskan, perusahaan yang bergerak di sektor logistik, tambang, sampai perkebunan pasti kena dampak positif saat tahun pemilu. Cuma sejak 2023 sampai pemilu kemarin, tidak tumbuh positif.

"Tapi tahun ini tadi karena situasinya bersamaan dengan kondisi ekonomi global yang tidak baik akhirnya dampak positif itu kurang kita rasakan," ucap Aji.

Baca juga: Video Pengendara Motor Nyaris Jadi Korban Jambret Ponsel


Aji berharap, siapapun nanti presiden yang terpilih bisa lewat satu periode pemilihan saja. Alasannya biar pasti siapa orangnya dan aktivitas bisnis bisa mulai direncanakan.

"Harapannya siapapun yang menang, yang terpilih, kita sebagai pebisnis (semoga) bisa memberikan dampak yang positif kepada aktivitas bisnis," ucap Aji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com