Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Rem Blong, Truk Fuso Tabrak Mobil Rombongan Guru

Kompas.com - 25/01/2024, 09:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan truk Fuso di Jalan Lintas Siantar-Saribudolok wilayah Bulu Pange, Kelurahan Merek Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (24/1/2024).

Dikutip dari Kompas.com, truk Fuso bernomor polisi BK 9957 CE diduga mengalami rem blong dan menabrak mobil penumpang BK 1391 WZ berisi rombongan guru.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Disdik Sumatera Utara Zuhri Bintang mengatakan, terdapat tujuh penumpang, dua orang selamat dan lima orang meninggal dunia.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Adiknya Punya Peluang Juara MotoGP 2024

Ilustrasi kecelakaan.Hans/Pixabay Ilustrasi kecelakaan.

Truk Fuso bermuatan minuman kemasan tersebut diduga mengalami rem blong lalu menabrak tujuh mobil dan delapan sepeda motor yang terparkir di sisi jalan dengan kondisi jalur agak menurun.

Sementara itu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, truk yang mengalami rem blong bisa karena kesalahan pengemudi atau teknis. Maka dari itu, agar aman terus harus dicek terlebih dahulu komponen remnya sebelum jalan.

“Misalnya dia tidak mengecek kondisi rem di truk pada pagi hari, anginnya tidak dibuang, intinya komponen-komponen rem harus diperiksa setiap pagi sebelum perjalanan,” ucap Jusri kepada kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Federal Oil Makin Yakin Gresini Racing Raih Hasil Positif di 2024

Perlu diketahui, brake check adalah periksa pedal rem, periksa sistem vakum, periksa booster rem, periksa level minyak rem, periska tromol atau ketebalan kampas rem, hingga periksa tekanan angin.

“Brake check sebelum perjalanan itu harus dilakukan dan bagaimana harus melakukannya? Dai harus tahu, dia harus ikut training dulu. Kalau di luar negeri, itu bahkan ada checklist yang harus dikirim kepada Kementerian Perhubungan di sana,” ucap Jusri.

Saat melakukan pengecekan, masalah pada truk bisa terlihat, sehingga bisa diganti dahulu komponen yang sudah rusak dan perjalanan menjadi lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com