Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Indonesia, Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur Duluan di Hong Kong

Kompas.com - 27/01/2024, 15:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) sudah berkomitmen akan memasarkan truk listrik eCanter di negara lain selain Jepang. Truk listrik ini juga sempat dipamerkan di Indonesia. Tapi, Fuso justru memilih Hong Kong yang menjadi negara pertama di luar Jepang yang memasarkan eCanter.

Truk listrik tersebut sudah sempat dipamerkan pada beberapa pameran otomotif di Tanah Air. Bahkan, Fuso juga CEO MFTBC Karl Deppen pernah mengatakan bahwa pihaknya sangat bersemangat menghadirkan FUso eCanter ke Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Kembangkan Truk eCanter dengan Sistem Tukar Baterai

"Truk listrik ini akan jadi OEM pertama yang dijual di Indonesia," kata Karl, saat ditemui pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Uji Coba truk listrik eCanterKTB Uji Coba truk listrik eCanter

Karl juga mengatakan, Fuso eCanter telah melakukan serangkaian tes yang dilakukan bersama beberapa perusahaan di Indonesia hingga akhirnya akan benar-benar dijual.

Rencananya, penjualan eCanter di Indonesia akan dilakukan pada 2024. Namun, ternyata Hong Kong duluan yang mendapat kesempatan tersebut.

Baca juga: Mitsubishi Akan Bangun Fasilitas Charging Station untuk Fuso eCanter

Dikutip dari Mitsubishi-fuso.com, Sabtu (27/1/2024), Karl mengumumkan bahwa eCanter akan mulai dipasarkan pada Januari 2024 di Hong Kong. Momen ini menandai peluncuran eCanter generasi baru pertama di luar negeri di pasar Asia di luar Jepang, menyoroti komitmen kuat Fuso terhadap pasar truk listrik di Hong Kong.

New Fuso eCanter di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI New Fuso eCanter di GIIAS 2023

Truk listrik ini akan tersedia dalam 3 model dengan 7 varian, yang mencakup berat kotor kendaraan 5 hingga 8,55 ton. Fuso akan mengekspor eCanter secara utuh ke Hong Kong.

Rencananya, truk listrik ini akan dipasang secara lokal dengan berbagai aplikasi karoseri untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang beragam.

Truk-truk ini juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Active Sideguard Assist 1.0 dan Active Attention Assist, untuk mendukung keselamatan pengemudi dan pejalan kaki di Hong Kong, yang merupakan salah satu daerah perkotaan terpadat di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com