BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

Komitmen Mobility for All, Toyota Astra Motor Hadirkan Complete Mobility Ecosystem pada IIMS 2024

Kompas.com - 27/02/2024, 16:31 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen menjadi Total Mobility Solution dengan menghadirkan Mobility for All lewat Complete Mobility Ecosystem.

Inisiatif tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Kamis (15/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024).

Selain kendaraan elektrifikasi (xEV), GR family, dan commercial vehicle, TAM juga menyediakan mobility services dan teknologi yang lengkap untuk mendukung berbagai kebutuhan mobilitas.

Melalui inisiatif “It’s Time for Everyone”, PT TAM bergerak menuju masa depan mobilitas yang inklusif dan peduli lingkungan dengan mengajak partisipasi masyarakat melalui berbagai cara.

President Director PT TAM Hiroyuki Ueda mengatakan, komitmen TAM terhadap Mobility for All berkaitan erat dengan dedikasi untuk mencapai carbon neutrality.

Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai ‘musuh’ bersama.

Menurutnya, partisipasi Toyota pada IIMS 2024 sejalan pula dengan target Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang.

“Pada IIMS 2024, TAM juga mengamplifikasi inisiatif It’s Time for Everyone agar masyarakat berpartisipasi melestarikan lingkungan sesuai kemampuan dengan memakai kendaraan elektrifikasi dan Flex Fuel Mobility Toyota yang semakin lengkap,” kata Hiroyuki dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: TAM Pastikan Mobil Toyota di Indonesia Aman

Sementara itu, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa TAM telah meluncurkan It’s Time for Everyone sejak 2022 untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam netralitas karbon.

Inisiatif tersebut dilakukan melalui tiga cara, yakni aktivitas pengurangan karbon kolektif, teknologi kendaraan rendah emisi, dan kendaraan elektrifikasi.

Adapun pendekatan pertama melibatkan kontribusi masyarakat melalui Toyota Waste Station serta menanam pohon mangrove.

“Kami juga mengajak komunitas pemilik Toyota untuk melakukan langkah kecil demi masa depan yang lebih baik. Komunitas ini memiliki cakupan keanggotaan yang luas,” ujar Anton.

Mengusung slogan “carbon is our enemy”, Inisiatif "It’s Time for Everyone" yang telah setahun berjalan berhasil mendaur ulang lebih dari 100 ton sampah dari 7 waste station di Pulau Jawa. Capaian ini setara dengan mengurangi 34 ton emisi karbon dioksida (CO2).

Selain mengurangi emisi, Toyota juga terus mengembangkan layanan pendukung serta ekosistem untuk masyarakat yang menggunakan xEV Toyota. Sebut saja, battery electric vehicle (BEV) dan plug-In hybrid electric vehicle (PHEV) yang membutuhkan dukungan infrastruktur, seperti charging station.

Toyota akan memastikan kesiapan seluruh jaringan dealer resmi Toyota untuk penyediaan charging station, servis berkala, serta mengatasi permasalah kendaraan elektrifikasi. Hingga kini, charging station tersebar di 100 titik termasuk outlet resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Charging station di outlet resmi Toyota sudah memiliki spesifikasi medium charger 22 kilowatt (kW). Kapasitas daya baterai ini bisa memaksimalkan kemampuan charging mobil pada socket AC dan memangkas waktu charging ketimbang AC charger 7 kW. Hal ini menjadikan Toyota sebagai brand otomotif dengan medium charger 22 kW terbanyak di Indonesia.

Selain itu, Toyota juga memiliki ultra fast charging (UFC) pada lima titik, yaitu tiga dealer di Aceh, Yogyakarta, Semarang, ASHTA Mall SCBD Jakarta, serta Rest Area 695A Jombang. Toyota berencana menambah jumlah charging station untuk mengoptimalkan range BEV dan PHEV Toyota dalam menunjang mobilitas ramah lingkungan yang semakin mudah dan nyaman.

Hadirkan kendaraan elektrifikasi pada IIMS 2024

Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap pada IIMS 2024, mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), PHEV, BEV, hingga fuel cell electric vehicle (FCEV) lewat kehadiran Toyota Mirai.

Bersama Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV, Toyota juga memperkenalkan All New Vellfire HEV sebagai kendaraan elektrifikasi pertama karya anak bangsa.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan xEV yang diproduksi lokal dan menjadi xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia.

Sebagai bukti keseriusan menuju netralitas karbon, PT TAM menghadirkan jajaran kendaraan elektrifikasi di IIMS 2024. Sebut saja Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Toyota bZ4X, RAV4 GR Sport PHEV, serta Corolla Cross HEV Bioetanol. TAM juga memperkenalkan All New Vellfire HEV yang memperluas pilihan eco friendly vehicle.

Toyota GR Corolla. DOK. Toyota. Toyota GR Corolla.
“Hadirkan ever-better cars, Toyota Mirai dipamerkan karena mewakili teknologi hidrogen (FCEV) yang nol emisi. Mobil ini melambangkan bentuk kerjasama Toyota dengan stakeholder untuk mengembangan teknologi FCEV di Indonesia,” ujar Henry.

Sebagai Mobility Solution for All, lanjut Henry, xEV Toyota yang berteknologi hybrid electric masih menjadi pilihan utama masyarakat. Hal ini ditandai debut Kijang Innova Zenix HEV yang mencatatkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi terlaris di Indonesia dengan whole sales 27.705 unit pada 2023.

Adapun penjualan Kijang Innova Zenix HEV sekitar 38,7 persen dari total wholes sales kendaraan elektrifikasi nasional. Hal ini bukan tanpa sebab. Kombinasi motor listrik dan mesin bensin mampu mendongkrak performa mobil hybrid di seluruh rentang putaran mesin.

Selain itu, Yaris Cross Hybrid EV juga memiliki jarak berkendara lebih panjang berkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Berbagai pengetesan yang dilakukan membuktikan bahwa Yaris Cross Hybrid EV bisa menempuh jarak 31 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar. Benefit ini bisa didapatkan pelanggan tanpa harus mengubah kebiasaan mobilitasnya.

Keunggulan lainnya, biaya maintenance HEV Toyota relatif sama dengan mobil konvensional. Hal ini karena mobil hibrida minim perawatan khusus. Untuk menambah peace of mind, mobil hibrida Toyota memiliki garansi baterai 8 tahun atau 160.000 kilometer (km) serta harga baterai yang terhitung kompetitif dan affordable.

Baca juga: Toyota Alphard Terbaru Tiba di Indonesia, Ini Kata TAM

Jika ingin mengganti kendaraan, mobil hibrida memiliki resale value di used car market yang terhitung tinggi. Bahkan, beberapa model hibrida lebih tinggi daripada non-hibrida. Terakhir, teknologi elektrifikasi memiliki peran dalam mencapai netralitas karbon.

Pada IIMS 2024, booth Toyota turut menampilkan BEV global pertama Toyota. bZ4X memperoleh sambutan luar biasa bersama Premium Sporty SUV All New RAV4 GR Sport PHEV pada 2023.

Sebagai representasi FCEV berbahan bakar hidrogen, showcase Toyota Mirai menunjukkan luasnya cakupan xEV Toyota global yang zero emission. Inisiatif ini sekaligus melambangkan kerja sama Toyota Indonesia dengan stakeholder di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen.

Sejalan visi No One Left Behind, Toyota merintis Flex-Fuel Mobility dengan memanfaatkan teknologi bahan bakar ramah lingkungan yang lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru. Inisiatif ini guna mempercepat pengurangan emisi karbon. Dengan demikian, masyarakat dapat memilih kendaraan ramah lingkungan yang paling sesuai kemampuannya.

Selain itu, Toyota memajang Corolla Cross HEV Bioetanol yang sudah kompatibel dengan bahan bakar Bioetanol (E100) pada IIMS 2024 untuk melengkapi line-up carbon neutral mobility Toyota.

Melalui brand Gazoo Racing (GR), Toyota berusaha menghadirkan motorsport excitement dan joy of GR bagi seluruh GR enthusiast di Indonesia. Pengunjung dapat merasakan DNA motorsport Toyota yang kental dalam line-up produk di area Gazoo Racing.

Mewakili GR Pure, GR Corolla dapat memacu adrenalin sports car enthusiast. Selanjutnya, Agya GR Sport digunakan pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di ajang kejuaraan nasional balap touring car dan slalom car dengan livery all-matte black barunya untuk season 2024.

Agya GR Sport. DOK. Toyota. Agya GR Sport.
Sebagai mobility solution pelanggan fleet, New Hilux Double Cabin 2.4 4x4 yang baru mendapatkan penyegaran eksterior dan interior ikut dipamerkan untuk mewakili line-up commercial vehicle Toyota. PT TAM memajang Toyota Hilux Rangga yang merupakan cikal bakal model terbaru di line-up commercial vehicle Toyota.

Dalam mewujudkan Total Mobility Solution, PT TAM menawarkan mobility ecosystem yang komplit untuk menunjang mobilitas masyarakat, baik kebutuhan sales maupun after-sales. Khusus sales, tersedia berbagai program promo yang menguntungkan pengunjung IIMS 2024 berupa one stop solution, yaitu Toyota Spektakuler, Toyota Official Store Solution (TOSS), program Trade-in, EZ Deal, dan KINTO.

Baca juga: Tiga Tahun di Vietnam, Presiden TAM Bicara Soal Otomotif Indonesia

Toyota juga menyediakan program after-sales T-CARE untuk pembelian mobil baru Toyota. Program ini menawarkan benefit bebas biaya jasa dan biaya suku cadang saat servis berkala selama 3 tahun atau 7 kali servis berkala serta extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km.

Pelanggan juga dapat langsung memanfaatkan fitur T-Intouch untuk kemudahan mengakses berbagai layanan after-sales Toyota via aplikasi m-TOYOTA. Termasuk kesempatan untuk membeli merchandise dan aksesori mobil original Toyota dan parts TMO dengan harga spesial.

Pada IIMS 2024, TAM juga menambah opsi xEV pada All New Vellfire HEV di segmen Luxury MPV. Model ini telah mendapatkan full model change yang berdiri di atas all new platform.

Selain itu, mobil hibrida teranyar tersebut juga telah mengalami peningkatan pada aspek kenyamanan dan advanced features yang signifikan. All New Vellfire HEV juga dilengkapi Toyota Hybrid System sebagai pengelola kinerja hybrid engine yang efisien, powerful, dan ultra low emission.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com