Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TAM Pastikan Mobil Toyota di Indonesia Aman dari Skandal Keselamatan

Kompas.com - 21/12/2023, 18:55 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia, memastikan bahwa seluruh model yang dijual di pasar domestik tidak terimbas skandal uji manipulasi uji keselamatan tabrak samping Daihatsu Motor Co., Ltd di Jepang.

"Jadi tentunya aturan setiap negara berbeda-beda," ujar Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmy Suwandi kepada KOMPAS.com, Kamis (21/12/2023).

Anton mengatakan, alhasil semua produk khususnya yang disebutkan terlibat dari skandal tersebut untuk pasar Indonesia aman dari permasalahan. "Jadi semua produk yang kita jual dipastikan aman dan tidak mengalami masalah," tutur Anton.

Baca juga: Mobil Toyota-Daihatsu Indonesia yang Terimbas Skandal Keselamatan

Perlu diketahui, dari total 64 model yang disebutkan, 22 produk di antaranya merupakan kendaraan yang dijual dengan merek Toyota. Sebagai imbasnya, mobil yang terlibat akan dihentikan oleh perusahaan secara sementara untuk dikirimkan ke konsumen.

Pada program Flash Sale Mobil 9RB, pengguna bisa membeli Toyota Avanza 1.3 E M/T hanya seharga Rp 9.000 pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Sale, Sabtu (9/9/2023). dok. Istimewa Pada program Flash Sale Mobil 9RB, pengguna bisa membeli Toyota Avanza 1.3 E M/T hanya seharga Rp 9.000 pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Sale, Sabtu (9/9/2023).

 

"Berdasarkan hasil temuan tersebut, hari ini kami memutuskan semua kendaraan itu yang diproduksi di Jepang maupun luar negeri, pengirimannya akan diberhentikan sementara," kata Presiden Daihatsu Soichiro Okudaira dalam konferensi pers online, Rabu (20/12/2023).

Dalam lampiran dari keterangan resmi Toyota Motor Corporation (TMC), sedikitnya terdapat enam produk Daihatsu dan Toyota Indonesia yang diproduksi hingga 20 Desember 2023.

Berdasarkan daftar yang ada, produknya, yakni Daihatsu Ayla-Toyota Agya, Toyota Rush, Raize, Avanza, Veloz, serta Yaris Cross. Namun dari sisi distribusinya, tidak semua menyasar pada mobil yang dipasarkan di dalam negeri. Rata-rata, produk yang bermasalah adalah yang diekspor ke beberapa negara seperti Ekuador sampai Uruguay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com