Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Mogok Usai Salah Isi BBM, Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 27/02/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang menunjukkan sejumlah sepeda motor mogok usai mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @mediagramindo, tampak sejumlah sepeda motor warga berjejer mogok di sekitar area SPBU.

Diketahui peristiwa itu terjadi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) 14.203.180, di Jalan Pertahanan, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (26/2/2024).

“Pagi-pagi isi minyak, kena minyak palsu habis semua. Abis isi langsung mogok, termasuklah keretaku, baru tadi malam keluar dari bengkel,” ucap ibu-ibu yang merekam video tersebut.

Baca juga: Perbaikan Jaringan, Perpanjang SIM Sempat Tidak Bisa

Rupanya, peristiwa itu terjadi lantaran sejumlah motor tersebut salah melakukan pengisian bahan bakar, bukan diisi Pertalite, melainkan Bio Solar.

PT Pertamina Patra Niaga melalui Area Manager Communication Relation dan CSR Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, peristiwa bermula saat petugas Pertamina mengisi tangki minyak jenis BBM Pertalite di SPBU tersebut.

Petugas SPBU yang bekerja atau menerima bongkar muat, salah memasukkan selang. Solar malah dimasukkan ke tangki Pertalite dan sebaliknya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MediaGramIndonesia (@mediagramindo)

“Telah terjadi human error, kesalahan manusia yang melibatkan petugas bongkar SPBU saat penerimaan produk BBM dari mobil tangki BBM,” kata Satria, dikutip dari Kompas.com, Senin (26/2/2024).

Mamal Syahrudin, Area Service Sparepart Mekar Motor mengatakan, pemilik kendaraan yang salah melakukan pengisian bahan bakar akan membuat motor susah hidup.

“Walaupun motor hidup beberapa menit itu akan terjadi pemuaian pada seal-seal yang ada di dalam mesin atau klep. Agak riskan kalau untuk salah mengisi bahan bakar. Tapi dampak yang paling utama mesin akan susah hidup,” ucap Mamal.

Baca juga: Komunitas Skutik Ini Ajak Anak Yatim Piatu Nonton di Bioskop

Mamal melanjutkan, apabila sudah terlanjur salah mengisi bahan bakar, bisa diperbaiki dengan cara menguras tangki BBM, bersihkan injector, sudah bisa membuat mesin hidup kembali.

“Semua aliran sistem bahan bakar harus dikuras, harus dibersihkan dengan bensin. Kalau motornya injeksi pompa bensin atau fuel pumpnya dibersihkan juga, tangkinya harus dikuras, injektor dan throttle bodynya juga dibersihkan,” kata Mamal.

Begitupun dengan motor karburator, di mana tangki harus dibersihkan hingga filter bensin juga harus dikuras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com