Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih PO Bus yang Memperhatikan Keamanan dan Keselamatan Penumpang

Kompas.com - 24/02/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) saling berlomba memperbaiki layanan yang diberikan kepada para penumpang meliputi kenyamanan, kemewahan layanan dan keamanan.

Masalah yang masih menjadi PR bus-bus AKAP adalah tindak pencurian di dalam kabin dan keselamatan penumpang.

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) mengatakan secara umum keamanan barang bawaan di bus memang belum menjadi aturan yang sah di Indonesia karena kebanyakan perusahaan belum bisa profesional.

Baca juga: Tas Kecil yang Dibawa Saat Naik Bus AKAP Bisa Jadi Incaran Copet

Bus Double Decker PO Rosalia Indah parkir di halaman rumah makan Rosin di Subang, Jawa BaratKompas.com/Erwin Setiawan Bus Double Decker PO Rosalia Indah parkir di halaman rumah makan Rosin di Subang, Jawa Barat

“Jangankan keamanan barang bawaan, cara mereka dalam berkendaranya saja masih jauh dari harapan, itu kenapa penumpang harus selektif dalam memilih angkutan bus,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (29/12/2023).

Sony mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati memilih bus untuk perjalanan karena taruhannya bisa nyawa ketika terjadi kecelakaan atau ancaman sejenisnya.

“Calon penumpang bisa melihat riwayat atau track record-nya, ada banyak PO bus yang sudah bagus-bagus kok, mereka pastinya menawarkan kenyamanan dan keamanan, memang lebih mahal tapi lebih aman,” ucap Sony.

Baca juga: Begini Tips Terhindar dari Aksi Pencurian Saat Naik Bus AKAP

Layanan antarmoda bus Sinar Jaya dengan rute Pelabuhan Semayang Balikpapan-Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN tengah beristirahat di rest area IKN.Sinar Jaya Layanan antarmoda bus Sinar Jaya dengan rute Pelabuhan Semayang Balikpapan-Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN tengah beristirahat di rest area IKN.

Jika sudah memilih bus yang akan dinaiki, konsumen bisa melakukan langkah antisipasi baik saat cek in atau sebelumnya.

“Salah satunya, minta bukti serah terima bagasi kepada petugas atau difoto sebagai bukti, selain itu penting juga untuk tidak membawa barang-barang yang berharga atau jika terpaksa pisahkan dengan bagasi,” ucap Sony.

Founder & Lead Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu mengatakan calon penumpang bisa melihat review penumpang lain terkait fasilitas keamanan yang ditawarkan.

Baca juga: Deretan Bus AKAP yang Punya Layanan Pramugari

Bus AKAP baru PO KYM Transkym trans Bus AKAP baru PO KYM Trans

“Biasakan untuk mempelajari atau membaca ulasan dari penumpang lainnya terkait layanan keamanan, bentuk kepedulian mereka terhadap penumpang ketika terjadi masalah, itu bisa menjadi modal dalam menentukan bus yang profesional,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Jumat (29/12/2023).

Jadi, selain menitikberatkan pada kenyamanan dan kemewahan layanan, konsumen juga perlu memilih PO bus profesional yang memperhatikan keamanan dan keselamatan penumpang sebelum melakukan perjalanan menggunakan bus AKAP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com