Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bus AKAP yang Punya Layanan Pramugari

Kompas.com - 05/02/2024, 08:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pramugari kini bukan hanya menjadi awak kabin pesawat atau kereta saja, tapi juga ada pada layanan bus AKAP

Untuk memberikan layanan terbaik dan menarik minat pasar, sejumlah perusahaan otobus (PO) turut menyertakan pramugari untuk kenyamanan penumpang.

Biasanya pada bus AKAP ada asisten sopir dan kru yang bertugas untuk membantu penumpang adalah kernet. Namun, pada sejumlah pada sejumlah PO peran itu digantikan oleh seorang wanita yang telah terlatih berprofesi sebagai pramugari bus AKAP.

Berikut dereten bus AKAP di Indonesia yang pakai jasa pramugari:

1. PO Mtrans

Layanan Pramugari di bus AKAP MtransInstagram @andriawanpratikto Layanan Pramugari di bus AKAP Mtrans

PO MTrans menjadi salah satu layanan bus AKAP yang punya kru pramugari. Layanan pramugari pada PO bus ini ada pada kelas premium dengan beragam fasilitas mewah.

Penumpang harus naik bus The Queen atau bus tingkat milik MTrans agar bisa bertemu pramugari. The Queen sendiri merupakan layanan sleeper bus, sementara itu bus tingkat milik PO Mtrans punya tiga jenis kelas dalam satu bus.

Pada dek bawah terdapat dua kursi model sleeper yang berada di area belakang ruang sopir. Sementara itu, di belakang kursi tersebut terdapat kursi model reclining dengan konfigurasi 2-1. Kemudian, di dek atas terdapat kursi model reclining dengan legrest yang punya konfigurasi 2-2.

Baca juga: Mazda Hidupkan Lagi RE Development Group

2. PO Rosalia Indah

Pramugari dan pramugara PO Rosalia IndahPO Rosalia Indah Pramugari dan pramugara PO Rosalia Indah

Sebagai pelopor layanan pramugari pada bus AKAP, hingga saat ini PO Rosalia Indah terus melayani penumpang.  Pramugari di PO Rosalia Indah sendiri tersedia di layanan bus premium atau kelas double decker.

Jika ada seorang pramugari pada bus tersebut, maka tidak ada kernet. Fungsi atau peran dari pramugari sangat dibutuhkan untuk setiap perjalanan.

Baca juga: Harga MPV Bekas per Februari 2024, Serena mulai Rp 85 Jutaan

Salah satu bus AKAP milik PO SemeruInstagram @garasi_bus_adiputro Salah satu bus AKAP milik PO Semeru

3. PO Semeru

Terkenal sebagai layanan penyewaan bus pariwisata dan shuttle, PO Semeru Transindo juga dalam baru saja meramaikan persaingan bus AKAP.

Adapun tiga trayek bus AKAP milik PO Semeru Transindo adalah Pati-Jakarta, Solo-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta. Ketiga trayek tersebut akan melewati Kota Semarang, Jawa Tengah. Nantinya selama perjalanan, penumpang akan dipandu oleh layanan dari pramugari. 

Bus baru PO KencanaYoutube Kencana Indonesia Official Bus baru PO Kencana

4. PO Kencana

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com