Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Insentif Mobil Listrik Terbit, Hyundai Optimistis Pasar Bergairah | Nissan Hadirkan Mobil Listrik Ariya dan Sakura di Indonesia

Kompas.com - 23/02/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI resmi menerbitkan aturan teknis pemberlakuan insentif pembelian mobil listrik berbasis baterai di pasar dalam negeri untuk periode 2024.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 8/2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atau PPN mobil listrik yang ditanggung pemerintah atau PPN DTP tahun anggaran 2024.

Dalam beleid itu, di Pasal 3 ditegaskan bahwa kriteria penerima insentif ialah mobil listrik yang sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri minimum 40 persen.

Selain itu, Nissan termasuk pabrikan yang lebih dulu memperkenalkan kendaraan elektrifikasi. Belum lama ini, Nissan juga menghadirkan mobil listrik Ariya dan Sakura di Indonesia.

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menggelar Nissan EV Experience untuk menegaskan kembali visi jangka panjang Nissan Ambition 2030.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Termurah di IIMS 2024, Harga Rp 2,9 Juta

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 22 Februari 2024:

1. Insentif Mobil Listrik Terbit, Hyundai Optimistis Pasar Bergairah

Artinya, konsumen hanya akan dibebankan tarif PPN 1 persen saat membeli mobil listrik. Adapun untuk masa berlaku PPN DTP ini terhitung sejak Januari hingga Desember 2024.

Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia, menyambut baik dan berterima kasih kepada pemerintah atas keluarnya aturan insentif berupa PPN DTP.

Baca juga: Insentif Mobil Listrik Terbit, Hyundai Optimistis Pasar Bergairah

2. Nissan Hadirkan Mobil Listrik Ariya dan Sakura di Indonesia

Nissan menghadirkan mobil listrik Ariya dan Sakura di IndonesiaDok. NMDI Nissan menghadirkan mobil listrik Ariya dan Sakura di Indonesia

Selain itu, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan Nissan di luar Jepang dan seiring dengan perayaan 90 tahun Nissan.

Ariya dan Sakura yang dihadirkan mengilustrasikan kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) masa depan yang praktis dan dikembangkan untuk mengantisipasi tren gaya hidup masyarakat urban dalam bermobilisasi.

Baca juga: Nissan Hadirkan Mobil Listrik Ariya dan Sakura di Indonesia

3. Debut Bus Tingkat DAMRI Imperial Suites, Penuh Penumpang

Bus DAMRI Imperial Suites Double DeckerDAMRI Bus DAMRI Imperial Suites Double Decker

Bus AKAP Imperial Suites Double Decker DAMRI diklaim mendapatkan antusiasme dan animo masyarakat yang cukup tinggi sejak pertama kali dioperasikan, 11 Februari 2024.

Sebagai informasi, bus ini menyediakan Malang-Surabaya-Jakarta dan sebaliknya. Secara rinci bus ini punya dua jenis kelas yang bisa penumpang pilih.

Baca juga: Debut Bus Tingkat DAMRI Imperial Suites, Penuh Penumpang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com