Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Hyundai Belum Tertarik Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 16/02/2024, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Indonesia (HMID) kembali hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, dengan membawa beberapa lini mobil baru berjenis Battery Electric Vehicle (BEV) dan Internal Combustion Engine (ICE).

Walaupun menghadirkan cukup banyak model mobil, Hyundai masih belum memperkenalkan model terbaru berjenis Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Pihak Hyundai memaparkan beberapa alasan dari kealpaan lini HEV di Indonesia. Hal-hal itu berkaitan dengan inovasi, minat konsumen, dan potensi pasar.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjelaskan, pihaknya memang sempat mempertimbangkan untuk memunculkan lini mobil hybrid.

Baca juga: Intip Spesifikasi Hyundai Kona Electric, Harganya Lebih Bersahabat

Hyundai Ioniq 5 Batik Meluncur, Barang Koleksi Edisi Terbatas dengan corak batik kawung Kompas.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Ioniq 5 Batik Meluncur, Barang Koleksi Edisi Terbatas dengan corak batik kawung

“Sebenarnya kami sudah mempertimbangkan adanya hybrid, waktu 2019 dulu. Tapi dulu kan kondisinya masih belum optimal di Indonesia,” ucapnya saat ditanya Kompas.com, Kamis (15/2/2024).

Dia menambahkan, fokus utama Hyundai saat ini hanya di segmen mobil jenis ICE dan BEV. Hyundai juga optimistis bisa menjadi market leader di kedua segmen tersebut.

“Sekarang kami ingin fokus di EV dan kita lihat market akan berkembang terus hingga mencapai di atas 1 juta (unit per-tahun), nah, sekarang bagaimana kami bisa mendominasi pasar tersebut dan kami yakin bisa menjadi market leader,” ucapnya.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Cloud EV yang Diperkenalkan di IIMS 2024

Hyundai Kona Electric resmi meluncur di IIMS 2024Kompas.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Kona Electric resmi meluncur di IIMS 2024

Untuk diketahui, selama gelaran IIMS 2024 Hyundai memperkenalkan empat lini mobil baru, yakni Ioniq 5 Batik, Kona Electric, Creta Alpha, dan Ioniq 7.

Ioniq 7 merupakan satu-satunya mobil yang diperkenalkan sebagai konsep, sedangkan tiga lainnya sudah siap dijual dan dipastikan mengaspal dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com