Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Indonesia Bergeming Soal Maxus 9 Versi Indomobil

Kompas.com - 16/02/2024, 09:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) meluncurkan MG Maxus 9 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Maxus 9 merupakan monil multi purpose vehicle (MPV) mewah listrik mirip Toyota Alphard.

Kehadiran Maxus 9 menarik perhatian bukan cuma karena statusnya sebagai mobil listrik MPV, namun karena dualisme kepentingan agen di Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi L100 EV Resmi Dijual, Harga Rp 320 Juta

Seperti diketahui, mobil ini sebelumnya sudah meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu.

MG Motor resmi merilis MG Maxus 9 di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023.Foto: Paultan.org MG Motor resmi merilis MG Maxus 9 di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023.

Saat itu mobil hadir dengan nama Maxus Mifa 9 dan disdistribusikan oleh PT Indomobil Wahana Trada yang merupakan anak perusahaan Indomobil Group dengan harga Rp 1,4 miliar, namun hingga kini belum ada kabarnya.

Kemudian di IIMS 2024 yang resmi digelar pada 15-25 Februari 2024, MPV listrik itu berada di tangan MG Motor Indonesia.

Baca juga: Suzuki Mengaku Belum Tertarik Lagi Bikin Katana

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, enggan mengomentari strategi penjualan perusahaan lain. Dia hanya menekankan bahwa dari awal Maxus 9 memang pakai lencana MG.

"Kalau MG kami itu Morris Garage dimiliki oleh SAIC Motor International, kami adalah prinsipal merek MG," kata Arief saat peluncuran Maxus 9 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Test drive MG Maxus 9KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive MG Maxus 9

"Sehingga dari sisi kualitas produk bisa dilihat apa perbedaan dan seterusnya, tapi yang paling pasti kami membawa produk ini di mana kami secara prinsipal di Indonesia," ujar Arief.

Baca juga: Honda BR-V N7X Edition, Ini Bedanya dengan BR-V Varian Standar

Sedikit latar belakang, di Thailand, Maxus Mifa 9 sebenarnya dipasarkan dengan nama MG Maxus 9. Saat kunjungan ke pabrik MG di Thailand beberapa waktu lalu, redaksi Kompas.com juga berkesempatan untuk mencobanya.

Bicara eksterior, Maxus 9 mengingatkan MPV Premium lain yang sudah beredar di Indonesia, seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, dan Lexus LM namun dengan garis desain lebih sporty dan tajam.

Dimensinya memiliki panjang 5.270 mm, lebar, 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, serta wheelbase 3.200 mm. Maxus 9 juga sudah memiliki predikat bintang 5 untuk standar keamanan Euro NCAP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com