Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Toyota GR86 Pakai Sistem Hybrid?

Kompas.com - 11/02/2024, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops


TOKYO, KOMPAS.com - Generasi terakhir Toyota GR86 sudah berumur tiga tahun sejak diperkenalkan pada 2021. Publik menunggu kapan sport coupe generasi ketiga tersebut akan meluncur secara global.

Dilansir dari Carscoops, kini beredar rumors bahwa Toyota sedang mempersiapkan GR86 generasi baru. Menariknya rumors menyebut sedan sport itu akan mengalami peningkatan jadi GR86 Hybrid.

Sebetulnya laporan tentang skenario GR86 atau Subaru BRZ hybrid sudah muncul sejak 2022. Namun saat itu laporan menyebut mobil akan menggunakan mesin hybrid 1,4 liter turbocharged dan meluncur pada 2028.

Rendering generasi keempat Toyota GR86Dok. Best Car Web Rendering generasi keempat Toyota GR86

Kini laporan terbaru menyebut GR86 generasi baru akan dibekali mesin hybrid 1,6 liter turbocharged dan meluncur pada 2025. Mesinnya akan mengusung konfigurasi 3-silinder yang bertenaga.

Bila benar, maka mesin hibrida tersebut bakal menggantikan mesin 2.400 cc dengan tipe boxer khas Subaru yang sanggup menghasilkan 231 Tk pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.700 rpm.

Laporan ini berasal dari BestCar di Jepang dan tidak mengutip sumber spesifik apapun. Meski demikian analisa awal ini tampaknya masuk akal mengingat betapa kuatnya mesin yang dimaksud.

Baca juga: Segini Biaya Restorasi Motor Lawas Jadi Seperti Baru Lagi

Toyota GR86 49th Anniversary Edition meluncur khusus untuk pasar JepangDok. Toyota Toyota GR86 49th Anniversary Edition meluncur khusus untuk pasar Jepang

Skenario kedua yang lebih mungkin terjadi dalam waktu dekat. Menurut laporan baru, mesinnya diharapkan serupa dengan yang digunakan pada GR Yaris dan GR Corolla, tetapi dengan output lebih dari 300 Tk.

Selain itu, GR86 baru akan menggabungkan beberapa bentuk hibridisasi yang mirip dengan yang ditemukan pada Land Cruiser 250 dan Lexus GX mendatang.

Konfigurasi ini menyiratkan bahwa GR86 gerenasi baru akan mempertahankan tata letak mesin depan dengan penggerak roda belakang, namun tetap menawarkan opsi transmisi manual dan transmisi otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com