Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabin Bus Baru PO Haryanto, Tampil Mewah Pakai Sasis Hino

Kompas.com - 11/02/2024, 11:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Haryanto kembali meluncurkan satu unit bus baru buatan karoseri New Armada. Sama seperti sebelumnya, bus itu akan melangkapi divisi bus pariwisata.

Berdasarkan unggahan video dari akun Instagram @newarmada.official, bus ini merupakan unit susulan dari model serupa yang meluncur akhir 2023 lalu. Jadi, jenis bodi dan desain visual bus baru ini tampil sama seperti sebelumnya.

Bus ini juga menjadi unit kedua milik PO Haryanto yang menggunakan bodi Skylander R22. Bodi bus ini tampil sporty dan kian gahar diperkuat dengan pemilihan kelir hitam dengan kombinasi kuning yang menghiasi sekujur bodi.

Tidak ketinggalan, disematkan pula livery wayang dan juga Menara Kudus pada samping bodi. Kedua gambar tersebut telah menjadi ikon ciri khas dari bus PO milik ayah Rian Mahendra itu.

Sama seperti sebelumnya, bus ini kembali menjadi gebrakan PO Haryanto dengan menggunakan sasis Hino RM 280.

Sebab, selama ini PO tersebut kerap menggunakan sasis dari Mercedes Benz. Sasis bus Hino RM 280 sendiri punya ciri khas bagasi model space frame, bagasi bisa tembus dari kanan ke kiri.

Baca juga: Bahas Interior Suzuki XL7 Hybrid Alpha, Kabinnya Lapang

Baca juga: Over Kredit Motor Ada Aturannya, Simak Biar Tidak Kena Sanksi

Kabin bus baru PO Haryantoinstagram @newarmada.official Kabin bus baru PO Haryanto

Baca juga: MG ES EV Bakal Meluncur di IIMS 2024, Intip Spesifikasinya

Keunggulan dari sasis bus ini adalah penggunaan suspensi udara dengan model wide. Model suspensi udara tipe wide diklaim punya kestabilan sasis yang lebih baik dibanding narrow.

Untuk bagian interior, kabin bus dirancang dengan konsep mewah namun beda dari sebelumnya. Bila pada bus sebelumnya area didominasi oleh permainan motif kayu, kali ini bus lebih berkelas dengan sentuhan permainan warna hitam.

Pencahayaan tetap menggukan lampu kabin tone warm white dan juga biru. Bus juga dilengkapi layar TV, AC dan bagasi kabin dengan penutup. Kursi kini juga pakai pilihan warna dan motif baru dengan konfigurasi 2-2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com