Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Pengendara Mobil Bertemu Harimau Sumatera

Kompas.com - 11/02/2024, 10:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar cuplikan video seorang pengendara tengah menghadapi situasi tidak biasa yaitu berpepasan harimau Sumatera saat di tengah perjalanan. Sontak pengendara tersebut berhenti sejenak untuk membiarkan hewan liat itu lewat.

Kejadian itu dibagikan oleh sebuah video unggahan dari akun Instagram @romansasopirtruck. Pada keterangan video disebutkan, lokasi kejadian berada di kawasan Sedayu Lampung pada tanggal 10 Februari 2024. 

Pengendara yang sedang melintasi pesisir barat Lampung, diimbau agar berhati-hati ketika beristirahat karena Harimau kawasan sedang keluar dari habitatnya.

Imbauan tersebut bertujuan demi menjaga keselamatan para pengunjung dan mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sumber informasi dari himbauan ini adalah Rm Ajo Bengkunat, sebagai langkah pencegahan kami menyarankan agar para pengunjung tidak berlama-lama di kawasan tersebut dan segera melanjutkan perjalanan mereka," dikutip dari @romansasopirtruck.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Slametoz Sak Modaroz (@romansasopirtruck)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengendara juga harus menjaga kelangsungan hidup dari hewan buas di habitat tersebut tanpa melukai.

Sehingga sebaiknya memberikan jalan pada hewan itu terlebih dahulu agar hewan tidak terluka atau diserang balik. 

"Sekitar tahun 2010 di daerah pedalaman pulau Sumatera area kebun sawit banyak raja hutan berkeliaran. Karena lokasi tempat saya kerja di situ, maka sering saat subuh atau magrib hariumau ini berkeliaran berpapasan dengan mobil saya," kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (11/2/2024). 

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Ralliart Dikabarkan Meluncur Tahun Ini

"Terlepas hewan tersebut dilindungi atau tidak, selayaknya juga mereka mahluk hidup yang kita wajib jaga kelangsungan hidupnya," kata Sony. 

Oleh kerana itu, Sony memberikan tips bagi pengendara mobil yang tidak sengaja berpepasan dengan hewan buat. Pertama harus diperhatikan adalah saat mereka hendak menyebrang, pelankan laju kendaraan. 

"Kita wajib berhenti untuk kasih kesempatan dan jangan lupa tutup semua jendela. Boleh jalan lagi setelah dia selesai menyebrang," kata Sony. 

Kemudian yang kedua adalah jangan mendistraksi binatang dengan bunyi klakson. Sebab ada beberapa binatang yang takut dan ada juga yang jadi agresif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com