Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda Stylo Tak Pakai Model Tangki BBM di Depan

Kompas.com - 08/02/2024, 12:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Stylo 160 sudah resmi hadir di Indonesia. Secara tampilan, motor ini benar-benar baru walau ada beberapa bagian yang mengambil dari Vario 160, seperti rangka yang sudah diperbarui dan mesin 157cc eSP+.

Bicara soal Stylo, bisa dibilang memiliki susunan motor yang konvensional, seperti tangki BBM yang ada di belakang, di bawah jok. Tapi kalau dibandingkan dengan Honda PCX 160, posisi tangkinya ada di depan.

Efeknya memang pengaruh ke kelegaan dari bagasi. Stylo 160 bagasinya 16,5 liter dan tangki BBM lima liter, sedangkan PCX 160, bagasinya 30 liter dengan kapasitas tangki 8,1 liter.

Baca juga: Knalpot Honda Stylo 160 Rendah, Diklaim Aman Libas Genangan

Honda PCX 160 warna Imperial Matte Blue pada tipe ABS.Dok. AHM Honda PCX 160 warna Imperial Matte Blue pada tipe ABS.

Takuro Nakamura, Large Project Leader Stylo 160 mengatakan, posisi tangki yang ada di belakang ini menyesuaikan dengan tema dari motornya, yakni retro.

"Kalau itu memang sesuai dengan yang ada di Honda. Seperti PCX ada di depan, tapi di situ ada center tunnel, kakinya jadi tidak bergeser," kata Nakamura saat acara peluncuran belum lama ini.

Baca juga: Pelayanan SIM Hari Ini Libur, Buka Lagi Pekan Depan


Sebenarnya posisi tangki yang ada di depan itu juga dipertimbangkan. Cuma keinginannya adalah Stylo 160 punya dek yang rata, tidak seperti PCX yang ada tonjolannya di tengah dek.

"Pilihan kami jatuh ke membuat bagian depannya flat. Kalau (tangki) di depan kan ada gunungan, tapi kalau yang ini kita ingin dia rata sesuai desain yang diinginkan jadi fuel tank tetap di belakang," ucap Nakamura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com