Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Motor Honda GL 100 Terbakar, Api Tidak Bisa Dipadamkan

Kompas.com - 06/02/2024, 12:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral di instagram, menunjukkan terbakarnya motor tua Honda GL 100 dan apinya sulit dipadamkan walaupun sudah diguyur air berkali-kali.

Tidak diketahui awal mula penyebab kebakaran, namun perekam menunjukkan aksi banyak orang yang berupaya memadamkan api, dengan menggunakan gayung dan ember.

Tragedi, motor Honda GL 100 terbakar,” tulis pengunggah video, dikutip Kompas.com dari akun @agoez_bandz, Selasa (6/2/2024).

Willy Hadiwijaya, CEO PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) sebagai produsen APAR khusus kendaraan, memberikan tanggapannya terhadap video kebakaran tersebut.

Baca juga: Pegiat Motor Listrik Desak Pemerintah Lakukan Standardisasi Baterai, Cegah Kasus Pencurian

ilustrasi sepeda motor terbakarexpressandstar.com ilustrasi sepeda motor terbakar

Menurutnya, ada beberapa kekeliruan yang dilakukan orang-orang di dalam video, salah satunya adalah soal metode pemadaman api.

“Kita lihat dia pakai air banyak, pakai empat ember kan itu, cuma cara memadamkannya salah karena ada interval di tiap penyiraman. Kalau memadamkan api, penyiramannya harus konstan,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

Willy mengatakan, mata api alias sumber utama kebakaran tidak akan bisa padam jika ada interval di tiap penyiraman. Proses ini harus dilkukan dengan konstan, misalnya menggunakan selang.

“Selang mungkin airnya enggak banyak, tapi yang penting airnya keluar konstan dan bisa disemprot terus menerus. Seharusnya langkah ini yang dilakukan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com