Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Motor Petualang, Honda Juga Siapkan Scrambler 350cc

Kompas.com - 08/02/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

, KOMPAS.com - Foto paten motor Honda baru yang bergaya petualang ramai dibicarakan di media sosial. Ternyata itu bukan satu-satunya paten, karena Honda juga menyiapkan model Scrambler dengan basis CB350.

Dikutip dari Rushlane, Honda sepertinya semakin niat buat mengalahkan Royal Enfield. Jadi dari sekarang sudah mempersiapkan motor baru, mengisi segmen petualang atau adventure dan scrambler.

Sebenarnya dari desain, motor Honda yang scrambler punya beberapa kesamaan dengan ADV. Misal dari tangki sampai bangku kelihatannya sama, outline motornya dari samping pun familiar, paling bedanya di paruh bebek dan ban depan lebih besar ukurannya di model ADV.

Baca juga: Knalpot Honda Stylo 160 Rendah, Diklaim Aman Libas Genangan

Gambar paten Honda Scrambler baru, pakai basis CB350RUSHLANE Gambar paten Honda Scrambler baru, pakai basis CB350

Soal gaya scrambler, motornya dapat setang yang lebar, lampu depan bulat, dan ukuran ban yang sama di depan dan belakang. Paling keciri lagi adalah betuk knalpot yang ditarik ke atas, beda dengan ADV maupun yang jadi basisnya CB350.

Bisa dilihat dari gambar paten, motor scrambler baru Honda ini kelihatan enak buat dikendarai, posisi duduk pengendara tegak. Model bangkunya yang seperti bucket, jadi memeluk bokong pengendara.

Pada sisi suspensi, kemungkinan kuat akan memakai model teleskopik di depan dan shockbreaker ganda di belakang. Cakram yang digunakan kemungkinan sama dengan Honda H/ness, 310mm di depan dan 24mm di belakang dengan dual ABS.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik per Februari 2024, Bertambah Chery dan BMW


Bicara performa, memakai mesin 350cc dengan tenaga 20 TK dan torsi 30 Nm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi lima percepatan dan setelan mesinnya kemungkinan sama, beda di rasio gigi saja.

Motor scrambler baru Honda ini akan bersaing dengan Royal Enfield Scram 411 dan Triumph Scrambler 400X. Kabarnya akan meluncur di 2025, posisinya ada di atas CB350 dan CB350RS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com