Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Lewis Hamilton Pisah dengan Mercedes-Benz demi Ferrari

Kompas.com - 02/02/2024, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak butuh waktu lama sejak Lewis Hamilton dikabarkan akan pindah ke Ferrari, ternyata tujuh kali juara dunia Formula 1 (F1) tersebut langsung mengkonfirmasinya. Hamilton akan menjadi pebalap tim Scuderia Ferrari mulai musim 2025.

Hamilton sudah menjadi pebalap Mercedes-AMG Petronas F1 sejak musim 2013 hingga 2024. Bersama Mercedes, dia sukses meraih enam kali juara dunia F1.

Baca juga: Lewis Hamilton Dikabarkan Pindah ke Ferrari Musim 2025

"Saya telah menjalani 11 tahun yang luar biasa bersama tim ini dan saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai bersama," kata Hamilton, dalam keterangan resminya, dikutip dari Crash.net, Jumat (2/2/2024).

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, saat beraksi dalam ajang Formula 1 2021 GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain pada Minggu 28 Maret 2021. GIUSEPPE CACACE Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, saat beraksi dalam ajang Formula 1 2021 GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain pada Minggu 28 Maret 2021.

"Mercedes telah menjadi bagian dari hidup saya sejak saya berusia 13 tahun. Ini adalah tempat di mana saya tumbuh dewasa, jadi membuat keputusan untuk pergi adalah salah satu keputusan tersulit yang pernah saya buat," kata Hamilton.

"Namun, ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mengambil langkah ini dan saya bersemangat untuk menghadapi tantangan baru. Saya akan selamanya berterima kasih atas dukungan luar biasa dari keluarga Mercedes saya, terutama Toto (Wolff) atas persahabatan dan kepemimpinannya dan saya ingin menyelesaikannya dengan baik bersama-sama," ujarnya.

Baca juga: Perbandingan Gaji Pebalap F1 Musim 2022-2023, Lewis Hamilton Turun

Hamilton menambahkan, dirinya berkomitmen seratus persen untuk memberikan performa terbaiknya di musim ini dan menjadikan tahun terakhirnya bersama Silver Arrows sebagai tahun yang tak terlupakan.

Pebalap Mercedes AMG, Lewis HamiltonTangkapan layar twitter MercedesAMGF1 Pebalap Mercedes AMG, Lewis Hamilton

Wolff, bos tim Mercedes, mengatakan, hubungan Mercedes dengan Lewis telah menjadi yang paling sukses yang pernah ada dalam F1. Menurutnya, itu adalah sesuatu yang dapat dikenang dengan bangga.

"Lewis akan selalu menjadi bagian penting dari sejarah motorsport Mercedes. Namun, kami tahu bahwa kemitraan kami akan berakhir secara alami pada suatu saat, dan hari itu telah tiba," ujar Wolff.

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses menjadi pemenang balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2021.FORMULA 1 Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses menjadi pemenang balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2021.

"Kami menerima keputusan Lewis untuk mencari tantangan baru, dan peluang kami di masa depan sangat menarik untuk direnungkan. Namun untuk saat ini, kami masih memiliki satu musim tersisa, dan kami fokus untuk membalap demi mewujudkan tahun 2024 yang kuat," kata Wolff.

Kepindahan Hamilton ke Ferrari tentunya mengejutkan banyak pencinta F1. Langkah ini tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi di MotoGP, ketika Marc Marquez yang sejak awalnya bersama Honda akhirnya memutuskan untuk berpisah dan bergabung ke tim satelit Ducati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com